Kamis 20 Jul 2023 13:25 WIB

Wapres Taiwan akan Singgah di AS, Washington Harap Cina tak Ambil Aksi Provokatif

Cina dengan tegas menentang segala bentuk interaksi resmi antara AS dan Taiwan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
 Wakil Presiden Taiwan Lai Ching-te, juga dikenal sebagai William Lai akan singgah di AS saat menghadiri pelantikan Presiden Paraguay, Santiago Pena
Foto: AP Photo/Chiang Ying-ying
Wakil Presiden Taiwan Lai Ching-te, juga dikenal sebagai William Lai akan singgah di AS saat menghadiri pelantikan Presiden Paraguay, Santiago Pena

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI – Amerika Serikat (AS) berharap Cina tak mengambil tindakan atau aksi provokatif dalam merespons kunjungan singkat Wakil Presiden Taiwan William Lai ke Negeri Paman Sam. Lai berencana singgah di AS saat menghadiri acara pelantikan Santiago Pena sebagai presiden baru Paraguay bulan depan.

Direktur American Institute di Taiwan Sandra Oudrick mengungkapkan, dia belum mengetahui informasi terperinci tentang rencana Lai untuk singgah di AS. Hal itu karena Taiwan belum mengumumkan kota mana yang bakal didatangi atau disinggahi oleh Lai di AS. Namun, Oudrick menekankan, aktivitas transit seperti itu rutin dan sudah terjadi berkali-kali sebelumnya.

Baca Juga

“Mengingat jarak yang sangat jauh yang ditempuh orang, transit ini benar-benar merupakan cara untuk memberikan keamanan, kenyamanan, kemudahan, dan martabat para pelancong. Mengenai masalah bagaimana Cina mungkin bereaksi atau tidak, seperti yang saya katakan sebelumnya, ini adalah kejadian rutin,” ujar Oudkirk yang dikenal sebagai duta besar de facto AS di Taiwan, Rabu (19/6/2023).

“Sama sekali tidak ada alasan bagi Cina untuk menggunakan transit (Lai di AS) sebagai dalih untuk tindakan provokatif apa pun. Dan kami tentu berharap mereka tidak melakukannya,” kata Oudkirk menambahkan.

Sementara, pada Rabu lalu Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Cina Mao Ning menegaskan bahwa negaranya menolak rencana kunjungan singkat William Lai ke AS.

“Cina dengan tegas menentang segala bentuk interaksi resmi antara AS dan wilayah Taiwan, dengan tegas menentang setiap kunjungan separatis kemerdekaan Taiwan ke AS dengan nama atau dalih apa pun, dan dengan tegas menentang segala bentuk kerja sama serta dukungan AS untuk separatis kemerdekaan Taiwan dan aktivitas separatis mereka,” kata Mao, dikutip laman resmi Kemenlu Cina.

Wapres Taiwan datang ke Paraguay sehari sebelum acara pelantikan Santiago Pena....

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement