Kamis 20 Jul 2023 13:25 WIB

Wapres Taiwan akan Singgah di AS, Washington Harap Cina tak Ambil Aksi Provokatif

Cina dengan tegas menentang segala bentuk interaksi resmi antara AS dan Taiwan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
 Wakil Presiden Taiwan Lai Ching-te, juga dikenal sebagai William Lai akan singgah di AS saat menghadiri pelantikan Presiden Paraguay, Santiago Pena
Foto:

Kantor Kepresidenan Taiwan sebelumnya mengungkapkan bahwa William Lai akan tiba di Paraguay pada 14 Agustus atau sehari sebelum acara pelantikan Santiago Pena sebagai presiden. Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan Alexander Yui mengonfirmasi rencana Lai singgah di AS. Namun, Yui menolak memberi penjelasan lebih terperinci. Dia hanya mengatakan, keterangan lebih detail akan disampaikan nanti.

Saat ditanya apakah Taiwan khawatir rencana kunjungan Lai ke AS akan mendorong lebih banyak latihan militer Cina di Selat Taiwan, Yui mengatakan, adalah sesuatu yang biasa seorang pejabat melakukan pemberhentian dalam agenda lawatannya karena alasan keamanan dan kenyamanan. “Tidak ada alasan atau sebab untuk membuat keributan,” ujarnya.

Santiago Pena mengunjungi Taiwan pekan lalu. Selain bertemu William Lai, dia pun bersua dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Ketika masih menjabat sebagai perdana menteri pada 2018, Lai pernah membuat berang Cina. Kala itu Lai secara terbuka menyatakan bahwa dia adalah “pekerja kemerdekaan Taiwan”.

Taiwan merupakan salah satu isu yang membuat hubungan AS dan Cina dibekap ketegangan. Cina diketahui mengeklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Namun, Taiwan berulang kali menyatakan bahwa ia adalah negara merdeka dengan nama Republik Cina. Taiwan selalu menyebut bahwa Beijing tidak pernah memerintahnya dan tak berhak berbicara atas namanya. Situasi itu membuat hubungan kedua belah pihak dibekap ketegangan dan berpeluang memicu konfrontasi.

AS tidak memiliki hubungan resmi dengan Taiwan karena mengakui prinsip satu-Cina. Namun, dalam ketegangan di Selat Taiwan, Washington berpihak dan mendukung Taiwan untuk mempertahankan diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement