Kamis 20 Jul 2023 22:03 WIB

AS Kecam Serangan Terhadap Kedubes Swedia di Irak

Irak akan putuskan hubungan diplomatik jika pembakaran Alquran terus dilakukan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Asap mengepul dari Kedutaan Besar Swedia di Baghdad, Kamis (20/7/2023). Para pengunjuk rasa yang marah dengan rencana pembakaran salinan Alquran menyerbu kedutaan Kamis pagi, membobol kompleks dan menyalakan api kecil.
Foto:

Menyusul insiden tersebut, Kedutaan Besar Swedia mengumumkan telah ditutup untuk pengunjung tanpa menentukan kapan akan dibuka kembali. Perdana Menteri al-Sudani mengadakan pertemuan dengan pejabat keamanan. Dia mengatakan, Pemerintah Irak telah memberikan pemberitahuan kepada Swedia bahwa Irak akan memutuskan hubungan diplomatik jika pembakaran Alquran terus dilakukan.

Video yang beredar memperlihatkan puluhan pria memanjat pagar di kompleks Kedutaan Swedia, dan mencoba mendobrak pintu depan pada Rabu (19/7/2023). Sementara itu, beberapa orang tampak sedang berupaya menyalakan api untuk membakar kedutaan. Kemudian beberapa orang lainnya melakukan shalat subuh di luar kedutaan.

Saat fajar menyingsing, polisi dan petugas keamanan lainnya berkumpul di kedutaan saat gumpalan asap kecil masih mengepul. Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api dari tangga truk pemadam kebakaran. Beberapa pengunjuk rasa masih berdiri di lokasi, dan memegang plakat bergambar wajah al-Sadr.

Kementerian Luar Negeri Swedia mengatakan staf kedutaan dalam kondiai aman. Swedia mengutuk serangan terhadap para diplomatnya. Mereka menyebut serangan itu sebagai pelanggaran serius terhadap Konvensi Wina.

“Kami mengutuk semua serangan terhadap diplomat dan staf dari organisasi internasional. Serangan terhadap kedutaan dan diplomat merupakan pelanggaran serius terhadap Konvensi Wina. Otoritas Irak memiliki tanggung jawab untuk melindungi misi diplomatik dan staf diplomatik," ujar pernyataan Kementerian Luar Negeri Swedia.

Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billström akan memanggil kuasa usaha Irak di Stockholm. Dia mengecam pihak berwenang Irak karena gagal dalam tanggung jawab mereka untuk melindungi kedutaan dan personelnya. Kedutaan Besar Finlandia di Baghdad bersebelahan dengan kedutaan Swedia di area yang dikelilingi tembok tahan ledakan. Duta Besar Finlandia untuk Irak, Matti Lassila, mengatakan kepada penyiar publik Finlandia YLE bahwa staf kedutaan Swedia dan Finlandia secara proaktif dievakuasi pada Rabu (19/7/2023) dan tidak terluka.

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement