Sabtu 29 Jul 2023 07:47 WIB

Dubes Israel untuk Jerman Diusir dari Kafe Milik Ekspatriat Israel

Pemilik kafe menolak label bahwa semua kritik terhadap Israel sebagai anti-Semit.

Ron Prosor.
Foto:

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel menyatakan kepada laman berita Israel, Haaretz bahwa Prosor tak mengetahui sikap politik Berg saat mengunjungi kafenya. Berg menurut laman itu, sangat kritis terhadap definisi IHRA mengenai anti-Semit.

Definisi anti-Semit tersebut digunakan sebagai senjata oleh kelompok-kelompok lobi pro-Israel untuk membungkam kritik terhadap Zionisme. 

Presiden Israel Isaac Herzog pada Rabu (19/7/2023) menyatakan kepada anggota parlemen AS, dirinya terbuka dengan kritik khususnya dari teman-teman Amerika. Namun, kritik tersebut, kata dia, tak boleh melewati batas yang menagasikan hak Israel untuk eksis. Menegasikan keberadaan Israel, Herzog anggap anti-Semitisme.

‘’Kritik terhadap Israel mesti tak melewati batas yang menegasikan hak Israel untuk ada. Mempertanyakan hak warga Yahudi untuk menentukan nasibnya sendiri bukan diplomasi yang sah, ini anti-Semitisme.’’

Herzog berpidato di parlemen sehari setelah bertemu dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih. Anggota parlemen Partai Demokrat dari kelompok progresif memboikot pidato Herzog di parlemen karena perlakuan Israel terhadap Palestina. 

Baik Herzog maupun Biden menegaskan, hubungan dekat kedua negara meski terjadi ketegangan dengan pemerintahan sayap kanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Pemerintahan Biden mendesak Netanyahu untuk menahan diri dari kebijakan perluasan permukiman dan terakhir tak melakukan perombakan sistem yudisial yang melemahkan wewenang mahkamah agung yang dianggap merusak demokrasi.

Namun Israel tetap pada pendiriannya dan mendorong pemerintahan Biden tak ikut campur dalam urusan dalam negeri Israel. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement