Selasa 01 Aug 2023 07:49 WIB

Pengamat Militer: Indonesia Perlu Bergabung dengan BRICS

Ada lima negara yang bakal diterima menjadi anggota baru BRICS.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Presiden China Xi Jinping terlihat di layar bersama Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri India Narendra Modi saat ia menjadi tuan rumah KTT BRICS ke-14 melalui tautan video dari Beijing, Kamis, 23 Juni 2022 .
Foto:

Kerja sama antariksa 

Sejumlah potensi kerja sama juga muncul di BRICS. Kepala badan antariksa Rusia pada Senin (24/7/2023), menyarankan mitra Moskow dalam kelompok negara BRICS membangun fasilitas modul bersama untuk stasiun orbital luar angkasa.

Tawaran ini sebagaimana dilaporkan dari pertemuan BRICS tentang kerja sama antariksa di Hermanus, Afrika Selatan. Media Rusia, Interfax mengatakan "diasumsikan" modul pertama Stasiun Orbital Rusia (ROS) diluncurkan pada 2027 dan pembangunannya selesai pada 2032.

Pada saat itu, Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) - salah satu forum kerja sama terakhir antara Washington dan Moskow, telah berakhir. Invasi Rusia ke Ukraina, membuat hubungan keduanya mencapai titik nadir dan kemungkinan ISS dinonaktifkan. 

"Saya ingin mengundang mitra BRICS untuk ... membuat modul yang lengkap yang, sebagai bagian dari ROS,’’ Kata Direktur Jenderal Lembaga Antariksa Rusia, Roscosmos, Yuri Borisov. 

Ini akan memungkinkan anggota BRICS menggunakan orbit rendah Bumi untuk mengimplementasikan program ruang angkasa nasional mereka. 

Menurut Borisov, pada Agustus tahun lalu bahwa stasiun ruang angkasa barunya akan terdiri dari enam modul dan platform layanan, untuk menampung hingga empat kosmonot, dan dibangun dalam dua tahap. Tidak ada tanggal yang diberikan.

Pada September, Borisov mengatakan stasiun ini akan mengorbit Bumi di sekitar kutub. Dengan kondisi ini, sehingga memungkinkannya untuk mengamati lebih banyak wilayah Rusia yang luas dan mengumpulkan data baru tentang radiasi kosmik.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement