Senin 14 Aug 2023 05:35 WIB

Hawaii dan Kalifornia Berbagi Tragedi Kebakaran yang Mematikan

Kebakaran di Kalifornia dan Hawaii meninggalkan kenangan suram

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Suasana kota yang hangus terbakar di Lahaina, Hawaii, AS, (11/8/2023).
Foto:

Risiko kebakaran hutan di kedua tempat telah diketahui selama bertahun-tahun, terutama karena perubahan iklim. Kondisi itu telah menyebabkan musim yang lebih panas dan lebih kering yang membuat kebakaran hutan menjadi lebih hebat.

“Saya sama sekali tidak terkejut bahwa Hawaii mengalami kebakaran seperti ini. Itu hanya masalah waktu," kata Safford.

Saat laporan berita dari Hawaii pekan ini, Paradise adalah satu-satunya tempat lain di AS dengan warganya benar-benar tahu seperti apa rasanya.  “Itu segera memicu, bagi kita semua… emosi. Itu mengingat rasa takut,” kata Steve “Woody” Culleton, anggota Paradise Town Council yang kehilangan rumahnya dalam kebakaran 2018.

Pada pertemuan Paradise Rotary Club pada Rabu (9/8/2023), para anggota menanggapi kebakaran hutan Hawaii dengan mengheningkan cipta. Namun mereka dengan cepat beralih membahas cara mereka dapat membantu.

Anggota Rotary Club yang kehilangan rumahnya dalam kebakaran pada 2018 Pam Gray mengatakan, klub lokal menerima lebih dari 2,1 juta dolar AS sumbangan dalam minggu-minggu setelah kebakaran. Klub menggunakan uang itu untuk membagikan kartu hadiah kepada orang-orang dan membayar hal-hal seperti penebangan pohon. Sekarang, menurut Gray, klub akan berusaha membalas budi ke Hawaii.

“Kami mengalami pengalaman itu karena suatu alasan. Dan saya percaya itu untuk membantu orang lain," ujar Gray.

Tetapi yang lain, termasuk Laura Smith, belum merasakan dorongan untuk terjun dan membantu. Smith kehilangan rumahnya dan hampir semua miliknya dalam kebakaran pada 2018. Dia mengatakan, peristiwa itu sangat luar biasa, rasanya seperti hidup di mulut singa.

“Menurut saya, orang-orang di sana hanya perlu ruang untuk memproses apa yang baru saja terjadi pada mereka dan tidak dibanjiri omong kosong tentang bagaimana semuanya akan baik-baik saja, karena pasti tidak akan baik-baik saja untuk waktu yang lama,” kata Smith.

Walikota Greg Bolin mengatakan semua orang di acara pemulihan Paradise mengatakan pikiran mereka tertuju pada para korban di Hawaii. “Kamu tahu bagaimana kehidupan mereka akan menjadi seperti. ... Anda tahu betapa sulit dan betapa sulitnya masa-masa itu. Namun jika mereka tetap dengan itu, ada harapan di sisi lain. Itu datang bersama-sama. Dan kota kami akan kembali," ujarnya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement