Ahad 20 Aug 2023 20:41 WIB

Delegasi ECOWAS Akhirnya Bertemu Presiden Niger yang Dikudeta

Mereka juga berhasil mengadakan pembicaraan dengan pemimpin junta

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
ECOWAS akhirnya bertemu dengan Presiden Niger yang terguling Niger Mohamed Bazoum
Foto:

Penyelenggara gerakan perekrutan Niamey mengatakan, mereka tidak bermaksud mendaftarkan sukarelawan untuk tentara. Kegiatan itu hanya mengumpulkan daftar orang yang bersedia meminjamkan keterampilan sipilnya jika terjadi serangan ECOWAS. Namun banyak warga di sekitar stadion tampak bersemangat untuk bertarung.

Sikap itu muncul setelah ECOWAS telah mengambil tindakan yang lebih keras terhadap kudeta Niger. Niamey merupakan negara ketujuh yang terjadi kudeta di wilayah yang lebih luas itu dalam tiga tahun. Kondisi ini membuat kredibilitas blok dipertaruhkan karena dikatakan tidak akan mentolerir penggulingan lebih lanjut.

Niger juga memiliki kepentingan strategis bagi kekuatan regional dan global. Cadangan uranium dan minyaknya serta berperan sebagai tempat strategis bagi pasukan asing yang terlibat dalam perang melawan pemberontak yang terkait dengan Alqaidah dan ISIS.

Menggarisbawahi kepentingan yang dipertaruhkan, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan pada Sabtu, bahwa pihaknya telah mengirim duta besar baru untuk Niger. "Berfokus diplomatiknya adalah mengadvokasi solusi diplomatik yang mempertahankan tatanan konstitusional," ujarnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement