Rabu 30 Aug 2023 11:31 WIB

Pesawat Penuh Warga Israel Mendarat Darurat di Arab Saudi

Air Seychelles yang bawa 128 penumpang mendarat darurat karena kerusakan listrik

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Penerbangan Air Seychelles yang membawa 128 penumpang terpaksa melakukan pendaratan darurat di Arab Saudi karena kerusakan listrik.
Foto: AP
Penerbangan Air Seychelles yang membawa 128 penumpang terpaksa melakukan pendaratan darurat di Arab Saudi karena kerusakan listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Pesawat yang membawa warga Israel dari negara kepulauan Seychelles di Samudra Hindia, melakukan pendaratan darurat di Arab Saudi sebelum diterbangkan kembali ke Tel Aviv. Israel memuji langkah Arab Saudi sebagai niat baik seiring upaya Washington menormalisasi hubungan antara kedua negara.

Penerbangan Air Seychelles yang membawa 128 penumpang terpaksa melakukan pendaratan darurat karena kerusakan listrik. Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan para penumpang bermalam di sebuah hotel bandara di Jeddah dan diterbangkan kembali oleh maskapai yang sama dengan pesawat alternatif.

Baca Juga

Para penumpang menceritakan pengalaman menakutkan ketika bau terbakar yang menyengat memenuhi kabin dan melalui interkom pilot mengatakan pesawat akan terpaksa melakukan pemberhentian darurat di Arab Saudi. Negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Para penumpang mengatakan puluhan orang terjebak di dalam pesawat saat pesawat berhenti di landasan. Sementara para pejabat Israel bingung memikirkan apa yang harus dilakukan pasukan keamanan Arab Saudi mengawal orang-orang Israel ke sebuah hotel.

“Pengalaman yang sangat menakutkan,” kenang salah penumpang Mayama Stahl saat ia keluar dari Bandara Internasional Ben Gurion Israel bersama puluhan penumpang lainnya, Selasa (30/8/2023).

Beberapa penumpang tampak terkejut dengan segerombolan reporter, fotografer, dan balon pesta yang menyambut mereka. “Tapi kami semua disambut dengan sangat baik (oleh Arab Saudi), kami sangat senang bahwa kami baik-baik saja dan aman,” kata Stahl.

Para penumpang mengatakan pengalaman mereka di Jeddah menyenangkan. Beberapa warga Arab Saudi bahkan menyapa mereka dalam bahasa Ibrani.

Data dari situs pelacakan pesawat FlightRadar24.com menunjukkan Airbus A320 maskapai Air Seychelles, dengan nomor penerbangan HM22, dialihkan ke Jeddah pada Senin (29/8/2023) malam saat berada di atas Laut Merah. Maskapai ini tidak menanggapi permintaan komentar.

Air Seychelles A320 lainnya terbang ke Jeddah pada hari Selasa dari Dubai untuk menjemput para para penumpang dan membawa mereka ke Tel Aviv. Pada tahun 2022, Arab Saudi mencabut larangan penerbangan Israel selama kunjungan Presiden Joe Biden ke kerajaan tersebut.

Israel dan Arab Saudi tidak memiliki hubungan resmi....

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement