Kamis 31 Aug 2023 13:05 WIB

Usai Terjang Florida, Badai Idalia Hantam Georgia

Angin kencang badai Idalia merobohkan atap sebuah pom bensin.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Badai Idalia (ilustrasi).
Foto:

Sekitar 200 mil (322 km) ke arah selatan, sedikitnya 75 orang diselamatkan dari banjir di St. Petersburg, Florida, kata para pejabat kota di media sosial, dengan video yang menunjukkan dua pekerja darurat di sebuah perahu kecil yang menyeberangi jalan-jalan yang terendam air melalui hujan lebat.

Seperti yang telah diperkirakan, Idalia melintasi garis pantai Florida di jantung wilayah Big Bend yang sebagian besar merupakan daerah pedesaan, di mana panhandle Gulf Coast bagian utara negara bagian ini melengkung ke sisi barat Semenanjung Florida. Daerah ini secara kasar dibatasi oleh kota Gainesville dan Tallahassee, ibu kota negara bagian.

Wilayah yang sama, yang memiliki pantai berawa-rawa dan dialiri mata air tawar dan sungai, hancur oleh badai besar pada tahun 1896. Kondisi perairan Teluk Meksiko yang hangat dan terbuka saat bergejolak menuju Florida, membuat Idalia menguat setelah melewati Kuba bagian barat pada hari Senin sebagai badai tropis.

Badai ini melepaskan angin yang merusak dan hujan deras yang diperkirakan akan menyebabkan banjir hingga 16 kaki (5 m) di sepanjang Pantai Teluk Florida. Sekitar 12 jam setelah badai mendarat, gubernur mengatakan tidak ada korban tenggelam yang ditemukan terjebak dalam gelombang badai. 

Penyelamatan di Georgia

Pantai Teluk Florida, tenggara Georgia, dan bagian timur Carolina Utara dan Selatan diperkirakan akan menerima hujan 4 hingga 8 inci (10-20 cm) hingga Kamis (31/8/2023), dengan curah hujan setinggi satu kaki mungkin terjadi di daerah-daerah terpencil, demikian peringatan dari Pusat Badai Nasional.

Pada Rabu sore, pusat badai Idalia telah meninggalkan Florida dan bergerak ke Georgia. Para pejabat negara bagian mengatakan bahwa mereka memperkirakan badai tersebut akan meninggalkan Georgia pada pukul 20:00 EDT.

Di Valdosta, Georgia, sekitar 80 mil timur laut Tallahassee, kru kapal darurat melakukan penyelamatan warga yang terjebak di rumah-rumah, menurut halaman Facebook milik kota tersebut.

Cedric King, seorang pengusaha dari pesisir Brunswick, Georgia, di sebelah selatan Savannah, tidak mau mengambil risiko. "Saya mengemasi keluarga dan menuju ke utara," katanya setelah menempuh perjalanan selama lima jam bersama ibu, istri dan anak-anaknya. "Kami mengungsi."

Para pejabat memperingatkan bahwa badai yang paling berbahaya dari badai ini adalah gelombang air laut yang didorong oleh angin kencang yang membanjiri daerah-daerah dataran rendah.

Pada pertengahan pagi, sebuah stasiun pemantau badai di Steinhatchee, 20 mil (32 km) selatan Pantai Keaton, menunjukkan air mencapai 8 kaki (2,4 meter), jauh di atas ketinggian banjir setinggi 6 kaki (1,8 meter).

Di Hillsborough County, sebuah wilayah berpenduduk 1,5 juta orang di selatan wilayah Big Bend yang mencakup Tampa, para kru berurusan dengan kerusakan yang meluas dan jalan-jalan yang tergenang air, demikian ungkap para pejabat dalam konferensi pers.

"Idalia mencapai intensitas Kategori 4 pada skala angin Saffir-Simpson lima langkah pada Rabu pagi sebelum mendarat, tetapi pada pukul 7 pagi telah melemah menjadi Kategori 3," kata NHC.

"Saat memasuki tenggara Georgia, kecepatan angin Idalia menurun hingga 90 mph (145 km/jam) mengurangi badai menjadi badai Kategori 1. Pada pukul 17.00 EDT, badai ini semakin melemah menjadi badai tropis," kata NHC.

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement