Jumat 20 Oct 2023 13:17 WIB

Fakta Kekuatan Militer Israel, Miliaran Belanja Pertahanan, dan Bantuan AS

Israel dikenal memiliki salah satu militer paling kuat di Timur Tengah.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Israel telah mengerahkan kekuatan militernya dengan terus mengebom Jalur Gaza.
Foto:

Pengeluaran Militer Israel

Israel menghabiskan 23,4 miliar dolar AS untuk belanja militer pada tahun 2022, menurut data yang dikumpulkan oleh Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI). Jumlah ini menjadikannya sebagai pembelanja militer terbesar kedua per kapita setelah Qatar. Israel juga menghabiskan 4,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) untuk militer pada tahun 2022, tertinggi ke-10 di dunia.

Bantuan Militer AS untuk Israel

Israel telah menjadi negara penerima bantuan militer dan bantuan luar negeri AS terbesar sejak Perang Dunia II. Hingga saat ini, AS telah memberikan bantuan bilateral dan pendanaan pertahanan rudal kepada Israel senilai 158 miliar dolar AS, demikian menurut laporan Congressional Research Service 2023.

AS telah memberikan bantuan militer kepada Israel sebagian karena adanya kesamaan tujuan strategis dan keamanan di Timur Tengah.

Pada tahun 2016, di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama, pemerintah AS dan Israel menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) 10 tahun ketiga tentang bantuan militer, yang mencakup tahun-tahun dari 2019 hingga 2028. Dalam MoU tersebut, Amerika Serikat berjanji untuk memberikan bantuan militer sebesar 38 miliar dolar AS kepada Israel ditambah dengan alokasi pertahanan rudal sebesar 5 miliar dolar AS, demikian ungkap laporan Congressional Research Service.

Dari 3,8 miliar dolar AS bantuan militer yang diberikan kepada Israel tahun ini, setengah miliar di antaranya adalah untuk pertahanan rudal Israel. Dan AS juga telah menyatakan bahwa mereka akan mengisi amunisi Israel dalam perangnya melawan Hamas.

Beberapa jam setelah serangan Hamas yang mematikan itu, Israel meminta pencegat Iron Dome dari AS, dan Presiden Joe Biden mengatakan bahwa Washington "akan dengan cepat menyediakan peralatan dan sumber daya tambahan bagi Pasukan Pertahanan Israel, termasuk amunisi."

Dalam kunjungan Biden ke Tel Aviv pada hari Rabu (19/10/2023) lalu, ia menegaskan kembali komitmen Amerika terhadap Israel. Biden mengatakan, ia berencana untuk meminta Kongres untuk "paket dukungan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk pertahanan Israel" tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement