Ahad 22 Oct 2023 17:09 WIB

Wabah Kolera dan Penyakit Lain Mengancam Gaza

Kolera hanyalah salah satu dari banyak penyakit yang mengancam warga Gaza.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Hilangnya layanan air dan sanitasi akan memicu serangan kolera dan penyakit menular mematikan lainnya di Gaza

Sekjen PBB Antonio Guterres pada Rabu menyerukan gencatan senjata kemanusiaan secepatnya di Gaza untuk meringankan penderitaan besar umat manusia. Pada hari yang sama, AS memveto resolusi Dewan Keamanan PBB, yang didukung oleh sebagian besar anggota lainnya, dan menuntut jeda kemanusiaan dalam pemboman Israel di Gaza.a kekhawatiran akan terjadi lebih banyak insiden seperti ledakan di Rumah Sakit Arab al-Ahli pada Selasa (17/10/2023).

“Kami sangat prihatin atas serangan terhadap layanan kesehatan,” Richard Brennan, direktur darurat regional di WHO.

Empat dari 34 rumah sakit tidak lagi beroperasi. Sementara rumah sakit lain dipenuhi pasien cedera dan keluarga yang membutuhkan perlindungan.

“Kondisinya sudah siap untuk menyebarkan sejumlah penyakit diare dan kulit,” kata Brennan.

Pada 2022, kolera menyebar ke seluruh Suriah dan Lebanon, menewaskan sedikitnya 97 orang.  Brennan mengatakan, meskipun epidemi ini belum tercatat di wilayah Palestina selama beberapa dekade, dapat dibayangkan bahwa bakteri tersebut telah masuk dan kondisinya sekarang sudah siap untuk penyebarannya.

“Keputusan ada di tangan para pemimpin politik yang harus menjadikan kebutuhan kemanusiaan sebagai prioritas. Kami siap untuk berangkat, namun kami harus diberi jalan yang bebas hambatan, aman, dan terlindungi untuk membantu orang-orang yang membutuhkan," ujar Brennan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement