Jumat 03 Nov 2023 15:06 WIB

Menteri Pertahanan AS akan Berkunjung ke India, Korea Selatan, dan Indonesia

Selama di Jakarta,Menhan AS akan mengadakan Pertemuan Informal ASEAN-Amerika Serikat.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Pertahanan Lloyd J Austin III akan memulai kunjungannya ke India, Korea Selatan, dan Indonesia pekan depan.
Foto: EPA-EFE/DANIEL IRUNGU
Menteri Pertahanan Lloyd J Austin III akan memulai kunjungannya ke India, Korea Selatan, dan Indonesia pekan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan Lloyd J Austin III akan memulai kunjungannya ke India, Korea Selatan, dan Indonesia pekan depan. Dalam pernyataannya, Departemen Pertahanan AS mengatakan kunjungan ini merupakan kunjungan resmi Austin ke Indo-Pasifik.

"Menhan Austin akan melakukan perjalanan ke India untuk bertemu dengan mitranya, Menteri Pertahanan Rajnath Singh guna membahas perluasan kerja sama industri pertahanan, meningkatkan interoperabilitas, dan memajukan inovasi melalui program India-US Defense Acceleration Ecosystem (INDUS-X)," kata Departemen dalam pernyataan yang Republika.co.id terima, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga

Departemen mengatakan Austin dan Singh juga akan berpartisipasi dalam Dialog Tingkat Menteri 2+2 yang kelima bersama Menteri Luar Negeri Antony J Blinken dan Menteri Luar Negeri Dr S Jaishankar. Setelah Pertemuan Tingkat Menteri, Blinken dan Austin akan bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi.

Austin kemudian akan melakukan perjalanan ke Korea Selatan (Korsel) untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan Nasional Korsel Shin Wonsik dan para pemimpin senior Korsel lainnya. Termasuk menghadiri Pertemuan Konsultatif Keamanan tahunan ke-55 dan Pertemuan Menteri Pertahanan Negara-Negara Anggota Komando ROK-PBB yang pertama.

"Ia juga akan bertemu dengan para komandan militer dan anggota militer AS di Semenanjung Korea untuk menegaskan kembali komitmen kuat AS dalam upaya pencegahan terhadap serangan ke Korea Selatan," kata Departemen.

Departemen mengatakan, Austin juga akan menghadiri peringatan Hari Veteran di Seoul dan bertemu dengan para tentara yang pengabdian dan pengorbanannya telah memelihara perdamaian dan keamanan di seluruh wilayah selama beberapa dekade.

"Menhan Austin kemudian akan melakukan perjalanan ke Indonesia untuk menghadiri Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM)-Plus ke-10," kata Departemen.

Selama di Jakarta, kata Departemen Pertahanan AS, Austin akan mengadakan Pertemuan Informal ASEAN-Amerika Serikat. Pertemuan itu akan membahas peluang perluasan hubungan kerja sama keamanan ASEAN-AS, setelah satu tahun pencanangan peningkatan hubungan kerja sama menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif.

"Austin juga akan bertemu dengan rekan-rekan di kawasan untuk menyampaikan komitmen mendalam Amerika Serikat untuk bekerja sama dengan sekutu dan mitranya dalam mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Departemen.

"Kunjungan Menteri Pertahanan yang keempat ke kawasan Indo-Pasifik tahun ini–dan yang kesembilan sejak menjadi Menteri Pertahanan–dilakukan karena Amerika Serikat bersama dengan para sekutu dan mitra AS di seluruh Indo-Pasifik terus memelihara momentum bersejarah menuju visi bersama kawasan untuk perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement