Ahad 19 Nov 2023 22:27 WIB

Polisi Israel Bongkar Kebohongan Negaranya Sendiri

Hamas tidak berencana menargetkan acara festival musik di Israel.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Pejuang Hamas tidak berniat untuk menyerang festival musik yang digelar di dekat perbatasan Gaza ketika mereka melancarkan serangan mengejutkan pada 7 Oktober 2023.
Foto:

Investigasi polisi juga menemukan bahwa sebuah helikopter militer Israel menembaki para penyerang. Tembakan itu juga mengenai beberapa orang yang menghadiri festival musik tersebut.

“Penyelidikan atas insiden tersebut mengungkapkan bahwa sebuah helikopter tempur (militer Israel) yang tiba di lokasi kejadian dari pangkalan Ramat David menembaki para pejuag dan tampaknya juga mengenai beberapa orang yang bersuka ria di sana,” ujar laporan Haaretz mengutip seorang pejabat polisi yang tidak disebutkan namanya.

Laporan polisi juga merevisi jumlah korban tewas akibat serangan itu menjadi 364, termasuk 17 petugas polisi. Jumlah ini bertambah dari laporan sebelumnya yaitu 270 orang. Laporan tersebut menyebutkan jumlah pengunjung festival yang diculik menjadi 40 orang.

Menanggapi serangan Hamas, Israel melancarkan serangan darat dan udara di Jalur Gaza yang telah membunuh lebih dari 12 ribu warga Palestina, termasuk 5.000 anak-anak. Sebagian besar Jalur Gaza berada dalam reruntuhan dan blokade total yang diberlakukan Israel. Hal ini membuat penduduk Gaza tidak bisa mendapatkan makanan, air, bahan bakar dan pasokan medis

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement