Jumat 15 Dec 2023 22:55 WIB

Kapal Kargo Berbendera Liberia Terbakar Dihantam Proyektil di Laut Merah

Satu kontainer jatuh ke laut akibat benturan tersebut.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Foto selebaran yang disediakan oleh pusat media Houthi menunjukkan pejuang Houthi mengendarai perahu mengelilingi kapal kargo Galaxy Leader sambil merebutnya di Laut Merah lepas pantai Hodeidah, (20/11/2023).
Foto:

Sehari sebelumnya, dua rudal yang ditembakkan dari wilayah yang dikuasai Houthi gagal mengenai sebuah kapal tanker komersial yang memuat bahan bakar jet buatan India di dekat Selat Bab al-Mandeb.

Awal pekan ini, militer AS mengatakan kelompok Houthi menyerang Motor Tanker STINDA menggunakan rudal jelajah anti-kapal (ASCM) ketika sedang melewati Selat Bab al-Mandeb di Laut Merah pada Senin (11/12/2023). Houthi memang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Houthi mengungkapkan mereka menargetkan kapal tanker tersebut karena akan mengirimkan minyak mentah ke Israel. Namun, pemilik kapal tanker asal Norwegia itu mengatakan kapal mereka sedang menuju ke Italia dan tidak berencana berhenti di Israel.

Kapal perang AS, USS Mason, sempat menanggapi panggilan dari kapal tanker tersebut dan sempat menuju ke tempat kejadian. Namun, USS Mason kemudian pergi setelah diketahui tidak diperlukan bantuan.

Saat ini, AS sedang menjajaki...

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement