Jumat 15 Dec 2023 22:55 WIB

Kapal Kargo Berbendera Liberia Terbakar Dihantam Proyektil di Laut Merah

Satu kontainer jatuh ke laut akibat benturan tersebut.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Foto selebaran yang disediakan oleh pusat media Houthi menunjukkan pejuang Houthi mengendarai perahu mengelilingi kapal kargo Galaxy Leader sambil merebutnya di Laut Merah lepas pantai Hodeidah, (20/11/2023).
Foto:

Saat ini, AS sedang menjajaki kemungkinan pembentukan satuan tugas (satgas) maritim untuk mengamankan jalur kapal komersial di dan sekitar Laut Merah. Hal itu merespons penargetan kapal-kapal yang terkait atau menuju pelabuhan Israel oleh kelompok Houthi Yaman.

Para pejabat AS mengatakan mereka sedang mencari cara untuk memperluas satgas yang sudah ada, yakni Combined Task Force (CTF)-153 yang saat ini bermarkas di Bahrain. Saat ini CTF-153 mempunyai 39 negara anggota. Terkait satgas khusus di Laut Merah, seorang pejabat pertahanan AS mengungkapkan kepada media Al Arabiya pada Selasa (12/12/2023), bahwa pembicaraan sedang dijalin dengan setidaknya 12 negara.

Pejabat pertahanan AS itu menambahkan pembicaraan dengan 12 negara tersebut dipusatkan pada kontribusi mereka terhadap satgas pengamanan navigasi maritim saat ini. Namun, pejabat tersebut tak mengungkap negara mana saja yang terlibat dalam pembicaraan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement