Senin 18 Dec 2023 07:07 WIB

Terowongan Hamas, Labirin Kematian Bagi Tentara Israel

Hamas telah menguasai pembuatan senjata seperti granat berpeluncur roket RPG-7.

Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas.
Foto:

Taktik Gerilya

Sumber Hamas, yang berbicara kepada Reuters dari dalam Gaza tanpa menyebut nama, mengatakan para pejuang bergerak sedekat mungkin untuk melancarkan penyergapan. Mereka memanfaatkan lokasi-lokasi yang tidak diketahui tentara Zionis. 

Hamas mengakui kekuatan militer mereka tidak sebanding dengan kekuatan militer Israel. Karena itu, mereka melakukan taktik gerilya dengan sering kali bergerak atau keluar dari terowongan.

‘’Ada kesenjangan besar antara kekuatan kita dan kekuatan mereka. Jadi, kami tidak ingin membodohi diri sendiri,’’ ujarnya.

Hamas telah mengunggah video di saluran Telegramnya bulan ini yang menunjukkan para pejuang dengan kamera tubuh bergerak melintasi gedung-gedung untuk meluncurkan roket yang digendong ke arah kendaraan lapis baja Israel. Dalam beberapa kasus, alat peledak terlihat ditempatkan di bawah tanah sebelum akhirnya diledakkan ketika pasukan Israel melintas.

Unggahan lainnya memperlihatkan sebuah kamera muncul dari sebuah terowongan, seperti periskop, untuk memindai kamp Israel tempat tentara beristirahat. Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas, mengeklaim bahwa mereka berhasil membunuh dan melukai banyak tentara Israel dalam berbagai penyergapan dalam lima hari terakhir.

Gudang Senjata

Hamas tidak hanya berkembang dari segi taktik perang gerilya. Terowongan Hamas juga...

sumber : TRT World
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement