Kamis 18 Jan 2024 14:55 WIB

Ngebet Ingin Usir Warga Palestina, Menteri Keamanan Israel: Gaza Harus Diduduki

Menteri Keamanan Nasional Israel ingin menduduki kembali wilayah Gaza.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir. Dalam wawancara terbarunya, Ben-Gvir menginginkan warga Gaza diusir dan wilayah Palestina itu kembali diduduki.
Foto:

Sejumlah negara, termasuk sekutu utama Israel, yakni Amerika Serikat (AS), telah menentang gagasan pengusiran warga Palestina dari Gaza. Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller lewat akun X resminya, menyatakan hal tersebut pada 3 Januari 2024 lalu.

"AS menolak pernyataan Menteri Israel Smotrich dan Ben-Gvir yang menghasut serta tidak bertanggung jawab. Seharusnya tidak ada pengungsian massal warga Palestina dari Gaza," kata Miller.

Miller menegaskan, AS akan tetap memandang Gaza sebagai bagian dari wilayah Palestina. Namun, Washington memang menolak Hamas kembali memerintah di wilayah tersebut.

"Kami sudah jelas, konsisten, dan tegas bahwa Gaza adalah tanah Palestina dan akan tetap menjadi tanah Palestina, dengan Hamas tidak lagi mengendalikan masa depannya serta tidak ada kelompok teror yang dapat mengancam Israel," ucap Miller.

"Itu adalah masa depan yang kami cari, demi kepentingan Israel dan Palestina, kawasan sekitarnya, dan dunia," kata Miller.

Hingga saat ini, Israel masih menggempur Gaza. Lebih dari 24.400 warga Gaza telah terbunuh sejak Israel memulai agresinya pada 7 Oktober 2023. Sementara itu, korban luka menembus 61 ribu orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement