Senin 29 Jan 2024 18:17 WIB

Iran Eksekusi Mati 4 Warganya karena Jadi Agen Mata-Mata Mossad

Keempat pria yang dieksekusi otoritas Iran adalah tahanan politik Kurdi.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Bendera Iran berkibar di belakang pagar kedutaan Iran ketika para aktivis hak asasi manusia berdemonstrasi menentang eksekusi pegulat Iran Navid Afkari, di kedutaan Iran di Berlin, Jerman, 12 September 2020.
Foto:

Pada Desember tahun lalu, Iran telah mengeksekusi mati empat orang yang diduga memiliki hubungan dengan Mossad. Pada Desember 2022, Iran juga pernah menggantung empat orang setelah dinyatakan bersalah karena bekerja dengan intelijen Israel.

Pada November 2023, Iran mengumumkan mereka berhasil membekuk tiga warganya yang menjadi agen mata-mata Mossad. Penangkapan tersebut dilakukan bekerja sama dengan Taliban yang kini memerintah Afghanistan.

“Tiga agen Mossad berkebangsaan Iran ditangkap di daerah pegunungan antara Iran dan Afghanistan dalam operasi gabungan,” kata kantor berita resmi Iran, IRNA, dalam laporannya pada 5 November 2023.

IRNA mengungkapkan ketiga agen Mossad tersebut berencana meluncurkan serangan drone bunuh diri dari daerah perbatasan Afghanistan menuju targetnya di Iran. Namun, IRNA tak menjelaskan apa sasaran dari serangan itu.

IRNA hanya menyampaikan ketiga warganya yang menjadi mata-mata Israel itu berada dalam penahanan Taliban. “Para tersangka akan segera diserahkan oleh otoritas Taliban ke Iran,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement