Ahad 03 Mar 2024 14:55 WIB

Detik-Detik Tank dan Drone Israel Tembak Warga Palestina Antre Bantuan Makan Menurut Saksi

Para penduduk Gaza yang sudah kelaparan mencoba mendapat bantuan makanan.

Video yang dirilis oleh tentara Israel memperlihatkan warga Palestina berebut untuk mendapatkan bantuan disekitar truk pengangkut bantuan kemanusiaan di Gaza Utara, Kamis (29/2/2024).
Foto:

Kesaksian yang sama juga disampaikan oleh Jihad Mohammad. Ia menuturkan saat sedang menunggu bantuan, terdengar suara tembakan ke arah mereka. Ketika ditanyaka apakah Israel menembaka mereka secara sengaja, Jihad Mohammad membenarkan. "Benar, mereka menggunakan tank, tentara dan pesawat terbang (drone)," tuturnya. 

Menurut otoritas kesehatan setempat setidaknya 115 orang terbunuh dala insiden memilukan tersebut.  Tindakan Israel menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk Indonesia.

Melalui akun Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI di media sosial X, Sabtu, Indonesia mengecam keras pembantaian pada Kamis (29/2/2024) yang menewaskan lebih dari 100 warga sipil Palestina. Indonesia juga mengkritik DK PBB, yang dianggapnya lamban merespons agresi militer Israel di Jalur Gaza. Indonesia mendesak badan tersebut segera memerintahkan gencatan senjata.

“Apakah tragedi kemanusiaan ini masih belum cukup bagi Dewan Keamanan PBB menyepakati Resolusi mengenai gencatan senjata?” kata Kemlu RI.

Afrika Selatan (Afsel) juga menilai bahwa tragedi kematian rakyat Palestina yang menunggu bantuan di Gaza melanggar perintah sementara Mahkamah Kejahatan Internasional. Afsel menuduh Israel melakukan genosida di Gaza.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement