Senin 21 May 2018 19:59 WIB

Maduro Kembali Menjabat Sebagai Presiden Venezuela

Nicolas Maduro menggantikan Hugo Chavez pada 2013 setelah kematiannya karena penyakit

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Venezuela Nicolas Maduro
Foto: Reuters
Presiden Venezuela Nicolas Maduro

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Pemimpin sayap kiri Nicolas Maduro kembali memenangkan pemilihan umum Venezuela. Namun oposisi menolak hasil pemilihan tersebut karena menurutnya ada ketidakberesan besar dalam pemilihan yang diselenggarakan pada Ahad (20/5).

Mantan sopir bus itu kembali menduduki kursi kepresidenan dengan masa jabatan enam tahun. Seperti diketahui dia menggantikan Hugo Chavez pada 2013 setelah kematiannya karena penyakit kanker.

Kemenangan Maduro dapat memicu babak baru sanksi Barat terhadap pemerintah sosialis karena bergulat dengan krisis ekonomi yang menghancurkan.Pemerintahan Presiden AS, Donald Trump, mengancam bergerak melawan sektor minyak Venezuela yang sudah pulih.

Dewan pemilihan Venezuela, yang dijalankan oleh loyalis Maduro, mengatakan dia mendapatkan 5,8 juta suara, versus 1,8 juta untuk penantang terdekatnya Henri Falcon. Falcon adalah mantan gubernur dari oposisi yang pecah.

"Mereka meremehkan saya," kata Maduro mendukung pendukung di panggung di luar istana presiden Miraflores di pusat kota Caracas ketika kembang api terdengar dan konfeti jatuh ke kerumunan.

Jumlah pemilih dalam pemilihan tahun ini hanya 46,1 persen, menurut dewan pemilihan. Angka ini turun dari 80 persen yang terdaftar pada pemilihan presiden terakhir pada tahun 2013. Pihak oposisi mengatakan bahwa angka itu meningkat, menempatkan partisipasi pada hampir 30 persen.

Sumber dari dewan pemilihan menyebutkan masih terdapat sekitar 32,3 persen pemilih yang berhak memberikan suara pada pukul 18.00 waktu setempat, namun sebagian besar tempat pemungutan suara telah tutup.

"Prosesnya tidak diragukan lagi memiliki legitimasi dan karena itu kami tidak mengakuinya," kata Falcon, mantan gubernur negara bagian berusia 56 tahun, yang tampak putus asa.

Penolakan Falcon dengan segera itu merupakan pukulan bagi strategi pemerintah. Ia menyerukan digelar pemilihan ulang.

Sebagian besar warga Venezuela yang miskin diminta untuk memindai "kartu tanah air" yang dikeluarkan negara di tenda-tenda merah setelah pemungutan suara dengan harapan menerima "hadiah" yang dijanjikan oleh Maduro. Lawan-lawannya mengatakan itu sama dengan pembelian suara."Kartu tanah air" itu ditukarkan dengan beberapa manfaat termasuk kotak makanan dan transfer uang.

Seorang kandidat presiden ketiga, pastor evangelis Javier Bertucci, setuju dengan Falcon mengenai ketidakberesan selama pemungutan suara hari Ahad dan menyerukan pemilihan baru.

Terlepas dari ketidakpopulerannya atas krisis ekonomi nasional, Maduro diuntungkan. Ia mendapat keuntungan bukan hanya pesaing paling populer tapi juga penggunaan sumber daya negara secara liberal dalam kampanyenya.

Penghitungannya, bagaimanapun, gagal mencapai 10 juta suara yang dia katakan dalam kampanye yang ingin dia menangkan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement