Sabtu 31 Jan 2015 17:42 WIB

Pasukan Kurdi Pukul Mundur Petempur ISIS

Kelompok bersenjata ISIS.
Foto: AP
Kelompok bersenjata ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, KIRKUK -- Pasukan Kurdi Irak telah memukul mundur serangan besar para petempur ISIS di provinsi Kirkuk.  Pihak berwenang menyatakan Brigjen Shirko Fatih dan sedikitnya lima pejuang Kurdi tewas hari Jumat dalam bentrokan dengan pemberontak di dekat kota Kirkuk.

Seorang wartawan VOA di Kirkuk mengatakan militan ISIS dari beberapa kubu menyerang pasukan Peshmerga di sebelah barat dan baratdaya kota itu Kamis malam. Wartawan itu mengatakan militan mampu bergerak maju dan menguasai beberapa daerah, sebelum banyak anggota Peshmerga, polisi dan pasukan keamanan berjuang untuk merebut kembali sebagian wilayah itu hari Jumat.

Dalam wawancara dengan VOA, Gubernur Kirkuk Najmaldin Karim, mengatakan banyak militan ISIS tewas atau terluka dalam pertempuran itu. Dia juga mengatakan pasukan Kurdi tetap bersiaga tinggi di Kirkuk karena para pejuang ISIS akan menyerang kembali.

Di tempat lain di Irak hari Jumat, para pejabat keamanan mengatakan dua serangan bom di sebuah pasar yang ramai di Baghdad menewaskan paling tidak delapan orang dan melukai 20 lainnya. Para pejabat mengatakan sedikitnya empat orang lainnya tewas dalam kekerasan di dekat kota Samarra.

sumber : VOA Indonesia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement