Senin 23 Apr 2012 10:55 WIB

Cina Puji Pemimpin Korea Utara

Hubungan Cina-Korea Utara (ilustrasi)
Foto: iamkoream.com
Hubungan Cina-Korea Utara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Diplomat senior Cina memuji pemimpin Korea Utara dan berikrar mengenai hubungan lebih erat kendati ada kecaman internasional setelah nKorut meluncurkan rudal belum lama ini.

Dai Bingguo, pejabat paling senior Cina dalam urusan kebijakan luar negeri, mengeluarkan komentar itu Ahad (22/4), dalam pertemuan di Beijing dengan Kim Yong-Il, pejabat senior Partai Pekerja Korea.

Pertemuan tersebut dilakukan setelah pada 13 April Pyongyang meluncurkan apa yang disebut satelit komunikasi, tapi Amerika Serikat menuduh Korut melakukan uji senjata. Dewan Keamanan PBB  keras mengutuknya dan menyatakan Dewan akan memperketat sanksinya.

Namun Dai Bingguo mengeluarkan kata-kata hangat buat pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, yang mengambil-alih jabatan negara miskin dan terkucil itu setelah ayahnya, pemimpin lama Kim Jong-Il, meninggal pada Desember.

Dai mengatakan kepada Kim Yong-Il Beijing akan bekerja sama dengan Pyongyang guna "mendorong hubungan kerja sama dan bersahabat Cina-Korea Utara ke tingkat baru", demikian isi pernyataan yang disiarkan Ahad malam oleh Kementerian Luar Negeri Cina.

"Di bawah pimpinan Sekretaris I Partai Pekerja Korea, rekan Kim Jong-Un, Partai Korea Utara, pemerintah dan rakyat tentu saja akan mencapai prestasi baru dalam bidang pembangunan negara yang makmur dan kuat," kata Dai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement