Ahad 25 Sep 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Tabrakan Dua Pesawat di Udara Tewaskan 153 Orang

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah pesawat jet milik Pasific Southwest Airlines bertabrakan dengan pesawat Cessna di langit San Diego dan menewaskan 153 orang, pada 25 September 1978.
Foto: lostflights
Sebuah pesawat jet milik Pasific Southwest Airlines bertabrakan dengan pesawat Cessna di langit San Diego dan menewaskan 153 orang, pada 25 September 1978.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah pesawat jet milik Pasific Southwest Airlines bertabrakan dengan pesawat Cessna di langit San Diego dan menewaskan 153 orang pada 25 September 1978. Puing-puing pesawat berjatuhan di lingkungan padat penduduk dan mengakibatkan kerusakan parah.

David Lee Boswell dan instrukturnya, Martin Kazy sedang melakukan pelajaran terbang dengan menggunakan pesawat Cessna bermesin tunggal 1732 di sekitar Bandara Lindbergh, San Diego. Setelah berhasil melewati dua putaran dengan sukses, Boswell akan membawa Cessna ke Bandara Montgomery, di timur laut San Diego.

Pada saat yang sama, pesawat jet Pacific Southwest Airlines 182 sedang dalam perjalanan menuju San Diego. Jet jenis Boeing 727 itu membawa 144 awak dan penumpang dari Sacramento, setelah sebelumnya singgah di Los Angeles.

Pengendali lalu lintas udara di Lindbergh memperingatkan Boswell untuk menerbangkan Cessna di bawah ketinggian 3.500 kaki. Namun, Boswell tidak mematuhinya dan mengubah ketinggian tanpa memberi tahu.

Pilot pesawat jet 182 bisa melihat Cessna dengan jelas. Tapi karena terlalu dekat, ia tidak sempat memberi tahu pengendali lalu lintas udara. Satu menit kemudian, kedua pesawat bertabrakan.

Bahan bakar di dalam pesawat jet 182 membuat badan kedua pesawat meledak membentuk bola api di udara. Puing-puing berjatuhan ke kawasan North Park San Diego dan menghancurkan 22 rumah.

Dilansir dari History, sebanyak tujuh warga setempat tewas seketika. Sebanyak 144 penumpang jet 182 dan dua penumpang Cessna juga tewas.

Selanjutnya: PBB Ambil Alih Seoul Setelah Dikuasai Korut

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement