Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Venezuela Kecam AS Serahkan Aset Diplomatik ke Oposisi

Selasa 19 Mar 2019 14:15 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Pemimpin Majelis Nasional Juan Guaido memproklamirkan diri sebagai presiden sementara Venezuela di Central University of Venezuela di Caracas, Jumat (8/2).

Pemimpin Majelis Nasional Juan Guaido memproklamirkan diri sebagai presiden sementara Venezuela di Central University of Venezuela di Caracas, Jumat (8/2).

Foto: AP Photo/Ariana Cubillos
AS menyerahkan kendali atas tiga aset diplomatik Venezuela.

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza mengecam keputusan Amerika Serikat (AS) yang hendak menyerahkan aset diplomatik di Washington kepada oposisi.

Baca Juga

"Aset diplomatik Venezuela di AS hanya dapat digunakan oleh personel resmi yang mewakili pemerintah Presiden Nicolas Maduro," ujar Arreaza seperti dikutip Anadolu Agency, Selasa (19/3).

Menurutnya, keputusan tersebut melanggar Konvensi Wina tentang hubungan diplomatik di antara kedua negara. Bahkan, kata dia, dalam perpecahan hubungan diplomatik, Venezuela menghormati hak-hak AS di kedutaan besarnya di Caracas.

Sebelumnya, pemerintah AS memberikan kendali atas tiga tempat diplomatik Venezuela. Dua bangunan milik kementerian pertahanan Venezuela di Washington dan satu gedung konsuler di New York. Keduanya diberikan mandat kuasa penuh kepada perwakilan pemimpin oposisi Juan Guaido, Carlos Vecchio.

Venezuela telah diguncang protes sejak 10 Januari. Presiden Venezuela Nicolas Maduro  dilantik untuk masa jabatan kedua setelah pemungutan suara yang pada Mei 2018.

Ketegangan di negara kaya minyak itu meningkat ketika Guaido mendeklarasikan dirinya sebagai presiden pada 23 Januari. Langkah pengukuhannya pun didukung oleh AS, banyak negara Eropa, dan Amerika Latin. Sementara Turki, Rusia, Cina, Iran, Bolivia, dan Meksiko masih satu suara mendukung kepemimpinan Maduro.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA