Senin 13 Aug 2018 11:30 WIB

Ada Taman Misterius Korut di Tengah Perang Suriah

Taman tersebut dibangun untuk menghormati pemimpin tertinggi Korut, Kim Il-sung.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah
Warga Korea Utara berkumpul di depan monumen pemimpin besar mereka Kim Il Sung
Foto: AP
Warga Korea Utara berkumpul di depan monumen pemimpin besar mereka Kim Il Sung

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Tidak ada yang menyangka jika Korea Utara (Korut) nyatanya memiliki sebuah taman tersembunyi di Ibu Kota Suriah, Damaskus. Namun tidak ada yang tahu pasti di mana letak taman tersebut. Semua orang hanya bisa menduga-duga keberadaan taman rahasia itu.

Seperti mengutip laman Al Arabiya, Senin (13/8) taman tersebut sejatinya didirikan guna menghormati Pemimpin tertinggi Korut Kim Il-sung. Dia merupakan kakek dari Kepala Pemerintahan Korut saat ini Kim Jong-un.

Taman juga dibangun untuk menyimbolkan relasi kedua kepala negara saat itu. Hal ini mencerminkan tekad rezim Suriah untuk mempertahankannya sebagai simbol hubungan rahasia khusus antara kedua presiden.

Baca juga, Presiden Suriah akan Berkunjung ke Korut.

Kebun rahasia tersebut diresmikan pada 31 Agustus 2015 bersamaan dengan pecahnya perang sipil di Suriah. Namun proses pembangunan monumen di dalamnya sudah mulai dibangun sejak 13 tahun lalu.

Prosesi proses taman disaksikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad serta pejabat lainnya dari kedua negara.  Upacara peresmian digelar secara meriah oleh pemerintah dan dipublikasikan oleh kantor berita Suriah.

Taman itu memiliki tanggal kelahiran Kim Il-sung dan memuat deskripsi tentang dirinya. 'Pemimpin abadi warga Korea dan teman dekat warga suriah' merupakan tulisan yang mendeskripsikan taman tersebut.

Meski begitu, saat ditanya keberadaan taman, warga belum tentu persis dimana letaknya.

Namun harian Prancis Le Monde menyebut jika taman rahasia itu berada di Kota Kafr Sousse yang terletak di barat daya Damaskus. Tempatnya berdekatan dengan Kementerian Luar Negeri Suriah dan salah satu pusat perekonomian terbesar di Sham City Center.

Meski telah diresmikan, tidak semua orang bisa memasuki kebun. Publik juga dilarang memasuki taman itu.

Taman itu merupakan titik pertemuan untuk anak-anak dari orang kelas atas yang tinggal di gedung-gedung pencakar langit di negara tersebut. Mereka disebut-sebut kerap menghabiskan waktu semalam musim panas 2017 kemarin.

Ketika perang saudara mengamuk dan roket menerangi langit, taman itu tetap jauh dan terlindung dari semua keributan tersebut. Menurut Otoritas Suriah, taman rahasia itu memiliki luas area sebesar 9.000 meter persegi. Taman dipasangi pagar dan hanya dapat diakses oleh individu yang memegang kunci untuk membuka sebuah gerbang besar.

Meskipun mengisyaratkan kerja sama yang jelas antara Korut dan rezim Suriah, taman itu telah memicu spekulasi tentang mengapa Damaskus? khususnya di tengah-tengah perang saudara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement