Ahad 03 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Israel Invasi Gaza

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Unit artileri Israel di Gaza.
Foto:
Jembatan Brooklyn

Pada 3 Januari 1870 Jembatan Brooklyn di atas Sungai East New York City yang menghubungkan dua distrik Manhattan dan Brooklyn dibangun.

Sejak 1883, jembatan baja itu telah menawarkan perjalanan yang aman dan indah untuk jutaan komuter, wisatawan, kereta api, sepeda, gerobak dan mobil. Konstruksi ini melibatkan 600 pekerja dengan biaya 15 juta dolar AS (atau lebih dari 320 juta dolar AS pada hari ini).

Setidaknya dua lusin orang tewas dalam proses, termasuk desainer aslinya. Sekarang jembatan telah berusia lebih dari 125 tahun dan menjadi ikonik di langit Kota New York. Sekitar 150 ribu kendaraan dan pejalan kaki setiap harinya melintas di atas jembatan tersebut.

John Augustus Roebling, pencipta jembatan Brooklyn adalah pelopor besar dalam desain jembatan suspensi baja. Tepat sebelum pembangunan dimulai, pada 1869, Roebling mengalami cedera fatal di kakinya saat bekerja. Ia meninggal tiga pekan kemudian karena tetanus.

Anaknya yang berusia 32 tahun, Washington A Roebling kemudian mengambil alih sebagai kepala insinyur. Ia telah bekerja dengan ayahnya pada beberapa proyek jembatan dan telah membantu merancang Jembatan Brooklyn.

Pada 17 Mei 1884, PT Barnum membawa 21 gajah di atas Jembatan Broklyn untuk membuktikan kestabilan jembatan gantung baja pertama ini.

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement