Jumat 24 Jun 2016 06:33 WIB

Sejarah Hari Ini: Angin Kencang Hempas Pesawat di Bandara New York

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Eastern Airlines jatuh terhempas.
Foto:
Lukisan termahal di dunia karya Pablo Picasso, Women of Algiers.

Pameran besar pertama dari seniman ternama di seluruh dunia, Pablo Picasso untuk pertama kalinya digelar di Paris, Prancis pada 24 Juni 1901. Saat itu, pria asal Spanyol ini belum menjadi seseorang yang dikenal di luar negara asalnya. 

Namun, Picasso sudah memiliki sekitar 100 koleksi lukisan di usianya yang baru beranjak masih 19 tahun. Setidaknya terdapat 75 karyanya yang untuk pertama kali ditunjukkan dalam pameran di galeri Paris Rue Lafitte. 

Setelah pameran pertamanya ini, bakat dari Picasso cukup diakui. Ia kemudian dikenal luas sebagai tokoh dominan dalam dunia seni pada abad ke-20. 

Pria yang lahir di Malaga, Spanyol pada 1881 ini merupakan anak dari seorang ayah yang juga memiliki darah seni yaitu menggambar. Picasso juga pernah membuat lukisan dan memperlihatkan karyanya saat berusia 13. 

Pada 1900, ia pergi ke Paris dan mulai lebih bereksperimen dengan dunia seni lukis. Picasso yang memiliki ambisi untuk memenangkan pameran, kemudian diperkenalkan dengan Ambroise Vollard, seorang pemilik galeri. 

Vollard yang melihat karya seni Picasso setuju untuk membuat pameran lukisan. Kritikus seni di Paris yang datang dalam pameran tersebut menyambut dengan positif. 

Setelah itu, Picasso menetap di Paris dengan terus menghasilkan karya seni lain. Setidaknya, selama hidup ia membuat lebih dari 50 ribu lukisan, gambar, ukiran, patung, dan keramik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement