Selasa 22 Nov 2016 08:32 WIB

Sejarah Hari Ini: Penembakan John F Kennedy dan Gaun Jackie yang Berlumuran Darah

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Presiden ke-35 AS, John Fitzgerald Kennedy bersama ibu negara Jacqueline Kennedy sesaat sebelum penembakan pada 22 November 1963.
Foto:
Margaret Thatcher

Pada hari ini tahun 1990, Perdana Menteri perempuan pertama dalam sejarah Inggris, Margaret Thatcher mengundurkan diri setelah 11 tahun di kepemimpinan. Thatcher adalah perempuan besi yang popularitasnya meningkat tajam di awal karir.

Ia terpilih sebagai anggota parlemen untuk distrik London utara dan naik daun di partainya. Pada 1967 ia bergabung kabinet oposisi Harold Wilson. Partai konservatif dibawah Edward Health kemudian menang pemilu pada 1970. Thatcher kemudian jadi menteri pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Pada 1974 ia menggantikan Health dan jadi ketua partai. Ia adalah ketua perempuan pertama dalam sejarah Konservatif. Ia menjadi salah satu politikus vokal saat itu. Ia pun bisa mengalahkan lawannya PM James Callaghan pada 1979.

Masalah muncul pada masa pemerintahannya, termasuk ekonomi yang carut-marut. Pada 1987, kondisi ekonomi yang memburuk menurunkan popularitasnya. Ia gagal menerima suara mayoritas pada 1990 di pemungutan suara tahunan partai Konservatif.

Ia pun mundur dan digantikan John Major. Meski dinilai gagal diperiode ketiganya, ia tetap jadi salah satu pemimpin karismatik. Ia dikenal sebagai perempuan besi. Thatcher meninggal pada 8 April 2013 di usia 87 tahun setelah mengalami stroke.

Selanjutnya: Angela Merkel Jadi Kanselir Jerman

sumber : History/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement