Selasa 27 Dec 2016 10:56 WIB

Sejarah Hari Ini: Uni Soviet Ambil Alih Afghanistan, 75 Ribu Tentara Turun

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Tentara Uni Soviet di Kabul pada 7 Januari 1980.
Foto:
Ledakan Gas (ilustrasi)

Ledakan di sebuah tambang batu bara di India terjadi pada 27 Desember 1975. Sebanyak 372 orang pekerja yang ada di sana tewas dalam bencana itu.

Tambang batu bara Chasnala Colliery tepatnya terletak di Dhanbad. Pada malam hari di tanggal kejadian itu, ledakan terjadi seketika dan sangat besar.

Dalam sebuah investigasi, diduga penyebab ledakan adalah saat gas bersinggungan dengan peralatan tambang. Ventilasi udara di tempat itu diyakini tidak berfungsi dengan baik sehingga memperburuk hal itu.

Selain itu, ada dugaaan serbuk halus dari batu bara yang terbawa angin bergesekan dan memicu api. Hingga kemudian membakar tambang atau bahan peledak yang digunakan dalam proses produksi.

Setelah ledakan terjadi, tanah di area sekitar pertambangan terguncang begitu hebat. Retakan terjadi dan mengakibatkan bocornya air dari reservoir.

Banyak pekerja tambang yang awalnya selamat menjadi tenggelam. Di antara mereka terseret arus air hingga kemudian terperangkap di dalamnya. Tak sedikit jenazah yang tidak ditemukan dalam bencana tragis ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement