Selasa 07 Mar 2017 12:32 WIB

Sejarah Hari Ini: Pemimpin Bangladesh Pertama yang Terpilih Secara Demokratis

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Sheikh Mujib Rahman menjadi perdana menteri pertama yang dipilih dalam proses demokrasi Bangladesh.
Foto: [ist]
Badai (ilustrasi)

Pada hari ini tahun 1988, siklon Bola menghantam Selandia Baru. Meski hujan teritorial menyebabkan banjir dan longsor yang cukup parah, fenomena cuaca ini hanya menelan tiga korban jiwa.

Hujan telah dimulai sejak 5 Maret namun badai baru dimulai pada pagi 7 Maret. Angin kencang bertiup dari Samudera Pasifik. Kecepatan angin tercatat melebihi 70 mil per jam.

Ratusan pohon tercabut dengan mudah dan atap rumah-rumah ikut terbawa angin. Sejumlah longsor besar dilaporkan di pantai timur dan memblokir jalanan. Aliran listrik dan sambungan telepon tidak berdaya.

Sebuah jembatan besar di dekat Dargaville hanyut terbawa arus sungai. Kerusakan besar terjadi karena banjir. Namun penduduk berhasil melakukan evakuasi darurat hingga tidak banyak korban jiwa.

Badai ini merusak panen dan ladang pertanian di North Island. Banyak petani menderita kerusakan parah dan kerugian besar karena lahan mereka hancur.

Kondisi darurat membuat otoritas tidak bisa menggunakan helikopter untuk evakuasi. Sehingga tim penyelamat terpaksa menggunakan kuda. Siklon Bola baru mereda pada 10 Maret.

Selanjutnya: Israel Pilih PM Perempuan Pertama

sumber : History/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement