Ahad 30 Apr 2017 10:02 WIB

100 Hari Trump, Tujuh Perubahan Dunia di Tangan Trump

Presiden AS, Donald Trump
Foto:
Perdagangan Bebas (Ilustrasi)

Masa Depan Perdagangan Bebas tak Jelas

Dengan kebijakan perdagangannya, Trump ingin membawa perubahan besar dalam cara AS berbisnis dengan seluruh dunia yang telah dilakukan selama puluhan tahun.

Dia mengancam membubarkan sejumlah kesepakatan perdagangan bebas yang ada, termasuk Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) antara AS, Kanada dan Meksiko. Trump menilai kesepakatan ini merupakan biang keladi pengangguran di AS.

Dia bahkan mengatakan akan menarik diri dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Sejak memenangkan pemilu, Trump fokus mengancam perusahaan, terutama perusahaan otomotif. Dia mengatakan akan menerapkan tarif 35 persen pada barang-barang yang diproduksi di Meksiko.

Bagaimana caranya? Belum jelas.

Di hari pertamanya menjabat, Trump menarik diri dari Kemitraan Trans-Pasifik (TPP). Kesepakatan tersebut belum diratifikasi oleh Kongres yang terpecah. Namun, perintah eksekutif yang ditandatangani Trump otomatis mengesahkan penarikan diri AS.

Tujuan kebijakan Trump adalah menciptakan lapangan kerja di AS, menutup defisit perdagangan dan mendapatkan keuntungan bagi Amerika Serikat

Trump juga telah menargetkan program visa bagi pekerja asing.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement