Kamis 20 Jun 2019 23:31 WIB

Trump: Iran Buat Kesalahan Besar karena Menembak Drone AS

Presiden AS lewat akun twitter menyebut Iran telah membuat kesalahan besar

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump
Foto: AP Photo/Susan Walsh
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Donald Trump menyatakan Iran membuat kesalahan besar setelah mengatakan telah menembak jatuh pesawat tak berawak atau drone milik militer AS. "Iran membuat kesalahan yang sangat besar!," kata Trump dalam akun resmi Twitter-nya, dilansir dari Anadolu Agency, Kamis (20/6).

Pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) pada Kamis (20/6) dilaporkan telah menembak jatuh drone milik AS, RQ-4 Global Hawk di wilayah udara Iran. Hal ini kemudian dikonfirmasi oleh seorang pejabat AS bahwa pesawat tak berawak AS yang digunakan untuk pengawasan, ditembak jatuh oleh rudal Iran.

Baca Juga

Meski begitu, pihak AS mengklaim drone tersebut terbang di wilayah udara internasional di atas Selat Hormuz, dan bukan di atas wilayah udara Iran. Konfirmasi itu muncul di tengah meningkatnya permusuhan di wilayah Teluk antara AS dan Iran.

"Tidak ada pesawat AS yang beroperasi di wilayah udara Iran hari ini," ujar juru bicara Komando Pusat Militer AS, Bill Urban.

Namun, Kementerian Luar Negeri Iran menyebutkan, pesawat tanpa awak AS itu telah melakukan pelanggaran karena berada di wilayah udara Iran. Pihak Iran memperingatkan konsekuensi dari tindakan provokatif seperti itu.

Juru Bicara Kemenlu Iran, Abbas Mousavi mengecam pelanggaran terhadap perbatasan Iran. "Kami peringatkan konsekuensi dari tindakan provokatif dan ilegal seperti itu," ujar Mousavi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement