Sabtu 24 Aug 2019 11:52 WIB

Kebakaran Hutan Amazon Mencemaskan Dunia

Presiden Brasil menolak campur tangan asing untuk menangani kebakaran di Amazon.

Foto udara dari area daratan yang terbakar di negara bagian Mato Grosso, Brasil. Menurut laporan media, wilayah Amazon Brazil menderita sejumlah besar kebakaran, dengan peningkatan 84 persen pada periode yang sama tahun lalu.
Foto:
Kabut asap dampak kebakaran di hutan Amazon yang meliputi kota Porto Velho, Rondonia, Brasil.

Keprihatinan internasional

Kebakaran Hutan Amazon menuai keprihatinan internasional. Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengaku prihatin atas bencana kebakaran tersebut dan dampaknya terhadap krisis iklim global.

"Di tengah-tengah krisis iklim global, kita tidak bisa menanggung lebih banyak kerusakan pada sumber utama oksigen dan keanekaragaman hayati,"ujar Guterres, dilansir the Guardian.

Konferensi Para Uskup untuk Amerika Latin menyatakan keprihatinan tentang kebakaran Hutan Amazon. Mereka menyerukan kepada negara-negara untuk mengambil tindakan segera dalam melindungi hutan hujan dan masyarakat di sekitarnya.

"Kami mendesak pemerintah negara-negara Amazon, terutama Brasil dan Bolivia, PBB, dan komunitas internasional mengambil langkah serius untuk menyelamatkan paru-paru dunia," ujar pernyataan para uskup.

Presiden Ekuador Lenin Moreno pada Kamis (22/8) mengatakan, dirinya telah berbicara dengan Bolsonaro. Pihaknya akan mengirim tiga brigade spesialis kebakaran hutan dan penelitian lingkungan, yang akan membantu mengurangi tragedi di Hutan Hujan Amazon.

Wali Kota London Sadiq Khan mengatakan, kebakaran tengah diatasi oleh Pemerintah Brasil. Menurut dia, pembakaran hutan hujan merupakan tindakan perusakan lingkungan yang mengejutkan dengan konsekuensi yang meluas secara global.

Sementara itu, aktris Madonna juga turut mengekspre sikan keprihatinan atas kebakaran hutan di Amazon. "Api terus berkobar dan Amazonia terus menyala," cicitnya di Twitter beserta foto kebakaran yang menyala.

Pemain sepak bola Cristiano Ronaldo juga menaruh perhatiannya terhadap kebakaran di Amazon. "Adalah tanggung jawab kita untuk membantu me nyelamatkan planet ini," katanya. (rizky jaramaya/fergi nadira/reuters ed:yeyen rostiyani)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement