Jumat 01 Jan 2021 07:34 WIB

Catatan Akhir Tahun MUI Soroti Islamophobia dan Palestina

MUI menyebut hak veto terutama oleh Amerika merupakan sumber masalah bagi Palestina

Red: Nur Aini
Majelis Ulama Indonesia pada Kamis (31/12) mengeluarkan catatan akhir tahun 2020 untuk menyoroti peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di dunia Islam dan panggung internasional.

Politik Global dan hak veto

MUI juga memandang masih adanya ketidakadilan global yang secara politik dan ekonomi mempengaruhi tatanan dunia. Menurut Sudarnoto, beberapa negara yang berpenduduk muslim mayoritas maupun minoritas telah menjadi korban akibat ketidakadilan ini

Dia mengatakan dominasi neo-kapitalisme dan neo-liberalisme melahirkan kesenjangan ekonomi dan ketidakadilan di banyak negara.

“Lembaga-lembaga ekonomi dunia seperti IMF dinilai tidak berhasil mewujudkan kesejahteraan dan keadilan yang sesungguhnya,” kata dia.

Selajutnya, papar dia, hak Veto terutama oleh Amerika juga merupakan sumber masalah sehingga nasib bangsa Palestina hingga hari ini semakin berat.

“Selain invasi dan aneksasi Israel terhadap Palestina terus dilakukan, upaya memecah belah negara Timur Tengah terus dilakukan dengan keterlibatan Amerika, termasuk gerakan normalisasi hubungan dengan Israel,” urai dia.

MUI, ucap Sudarnoto, mengecam invasi dan tindakan imperialistik Israel terhadap Palestina ini.

“Tindakan Israel ini merusak beberapa resolusi DK PBB, kemanusiaan dan perdamaian dunia,” kata dia.

Menurut Sudarnoto, perlawanan terhadap Israel harus terus dilakukan antara lain pertama, melalui perjuangan diplomatik dengan mendesak agar Israel dikeluarkan dari keanggotaannya di PBB.

Kedua, dorongan kepada berbagai kekuatan civil society dalam dan luar negeri, penggerak HAM dan segmen masyarakat lainnya untuk mengecam dan mengentikan Israel

Ketiga, dorongan kepada OKI untuk mengkonsolidasi persatuan negara-negara muslim.

Terkait dengan itu, kata Sudarnoto, MUI mendorong proses demokratisasi di internal PBB dengan meninjau ulang atau setidaknya membatasi penggunaan Hak Veto untuk hal-hal yang menyangkut keselamatan jiwa manusia dan eksistensi suatu bangsa.

“Dengan cara ini, maka akan melemahkan upaya-upaya memperkokoh perdamaian dan keadilan global,” ucap Sudarnoto.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/catatan-akhir-tahun-mui-soroti-islamofobia-dan-palestina/2094642
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement