Jumat 01 Jan 2021 07:34 WIB

Catatan Akhir Tahun MUI Soroti Islamophobia dan Palestina

MUI menyebut hak veto terutama oleh Amerika merupakan sumber masalah bagi Palestina

Red: Nur Aini
Majelis Ulama Indonesia pada Kamis (31/12) mengeluarkan catatan akhir tahun 2020 untuk menyoroti peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di dunia Islam dan panggung internasional.

Kepemimpinan Dunia Islam

MUI juga menyoroti situasi global yang menyangkut dengan umat Islam dan menekankan kian pentingnya peran OKI.

MUI, ucap Sudarnoto, mendorong persatuan dan kepemimpinan yang efektif serta menghentikan faksi-faksi beberapa negara anggota OKI harus.

Sebab konflik justru akan memperlemah dan menyudutkan posisi umat dan negara-negara muslim.

“Karena itu MUI memandang perlu agar OKI dan organisasi-organisasi Islam dunia lainnya melakukan rekonsolidasi yang sungguh-sungguh agar kepemimpinan dunia Islam tegak secara efektif sehingga persatuan dunia Islam semakin kokoh,” ucap dia.

Sudarnoto MUI bersama dengan pemerintah dan kekuatan-kekuatan civil society muslim lain memandang perlu untuk melakukan kerja sama menginisisasi rangkaian pertemuan atau forum-forum dialog dengan ulama dari negara-negara lain untuk mewujudkan perdamaian.

Forum-forum seperti ini, papar Sudarnoto, akan bermanfaat tidak saja untuk menghentikan konflik-konflik internal antar faksi, namun juga membangun dan memperkuat ukhuwah Islamiyah dan berbagai bentuk kerja sama yang produktif untuk kemaslahatan umat Islam.

“Penguatan Ukhuwah Islamiyah akan sangat berkontribusi bagi upaya menciptakan kepemimpinan dunia Islam yang efektif. Dan Indonesia, sebagai negara muslim terbesar, mempunyai peran strategis untuk itu,” kata Sudarnoto.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/catatan-akhir-tahun-mui-soroti-islamofobia-dan-palestina/2094642
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement