Senin 04 Jan 2021 11:55 WIB

PM Jepang Pertimbangkan Masa Darurat untuk Tokyo

Angka kasus infeksi virus Corona merangkak naik dan jadi beban bagi sistem kesehatan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Warga menikmati suasana jelang tahun baru di Ueno, Tokyo, Senin (28/12). Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengatakan wabah Covid-19 di kotanya dapat meledak dan semakin parah dalam beberapa hari mendatang.
Foto:

Ia mencatat di sejumlah wilayah seperti Osaka dan Hokkaido, kebijakan memperpendek jam operasi restoran membantu menahan lonjakan kasus infeksi. Jika pemerintah setuju memberlakukan masa darurat maka Jepang akan menjalani kondisi darurat kedua.

Masa darurat pertama berlangsung selama lebih dari tiga bulan selama musim semi. Saat itu pemerintah meminta sekolah dan bisnis-bisnis non-esensial untuk tutup.  

Jepang mengandalkan pembatasan sukarela dan larangan bepergian keluar negeri daripada karantina ketat yang diberlakukan sejumlah negara di dunia. Meski kasus infeksi Jepang tidak separah negara-negara Eropa dan Amerika.

Suga memiliki tantangan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas 2021. Ajang olahraga terbesar di dunia yang harusnya digelar tahun lalu.

Bulan lalu Jepang menutup sementara perbatasan mereka untuk warga negara asing non-pemukim setelah Inggris menemukan virus korona  varian baru yang lebih menular dibandingkan jenis sebelumnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement