Rabu 20 Jan 2021 16:46 WIB

Joe Biden Janji Cabut Larangan Perjalanan Muslim

Joe Biden janji akan mengubah kebijakan Donald Trump

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Presiden terpilih Joe Biden meneteskan air mata ketika dia berbicara di Mayor Joseph R.Beau Biden III, Selasa (19/1/2021), di New Castle, Del.
Foto:

Para pembela hak asasi dan kelompok Muslim Amerika menyambut baik komitmen Biden untuk membatalkan larangan perjalanan dari negara-negara Muslim ke AS. Namun, mereka mempertanyakan apakah tindakan tersebut cukup untuk mengatasi kerugian yang ditimbulkan pada keluarga selama empat tahun terakhir.

"Kami senang Biden akan mencabut larangan tersebut," kata Ibraham Qatabi, seorang pekerja hukum di Pusat Hak Konstitusional.

"Tapi pertanyaannya adalah, apa artinya bagi keluarga yang terkena dampak larangan? Apakah mereka akan mendapatkan visa dan dipersatukan kembali dengan keluarga mereka?," katanya.

Warga Negara Amerika yang lahir di Iran, Mesya, Azin (40 tahun) mengajukan aplikasi kartu hijau untuk orang tuanya yang sudah lanjut usia pada Desember 2015, setahun sebelum dia dan istrinya menikah dan berniat mengajak orangtuanya ke AS. Namun larangan perjalanan yang diberlakukan setahun kemudiannya itu menempatkan rintangan besar dalam prosesnya.

Proses administrasi sangat rumit yang hingga saat ini orang tuanya belum dapat pergi ke AS. "Saya selalu membayangkannya setiap hari bahwa mereka akan datang," kata Azin. "Saya bermimpi bahwa kami semua duduk di luar di halaman belakang kami dan kami memanggang dan anak-anak berlarian," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement