Sabtu 23 Jan 2021 16:15 WIB

Dubes AS untuk RI Digeser?

Sung Kim dikabarkan ditunjuk sebagai asisten Menlu untuk urusan Asia Pasifik.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Duta Besar Amerika Serikat, Sung Yong Kim.
Foto:

Dilansir laman resmi Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Indonesia, Duta Besar Sung Kim dinominasikan sebagai Duta Besar AS untuk Republik Indonesia pada 17 Juli 2019 dan dikonfirmasi oleh semua anggota Senat pada 6 Agustus 2020. Sementara Kim menyerahkan surat kepercayaan kepada Presdien Joko Widodo di Jakarta 21 Oktober 2020.

Kim sebelumnya menjabat sebagai Dubes AS untuk Republik Filipina dari November 2016 hingga Oktober 2020. Pernah menjabat sebagai Dubes AS untuk Republik Korea tahun 2011 hingga 2014. Di antara waktu menduduki kedua posisi dubes tersebut, Dubes Kim menjabat sebagai Perwakilan Khusus untuk Kebijakan Korea Utara di Washington

Dubes Kim dilahirkan di Seoul, Korea Selatan dan besar di Los Angeles. Menyelesaikan S1 di University of Pennsylvania dan S2 dalam bidang hukum di Loyola University. Beliau juga memiliki gelar Magister Hukum dari London School of Economics dan gelar doktor kehormatan dari Catholic University of Korea. Dubes Kim dan istri dikaruniai dua orang anak perempuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement