Rabu 10 Feb 2021 14:28 WIB

WHO: Tak Ada Tanda Covid-19 di Wuhan Sebelum Desember 2019

Tim peneliti WHO yang beranggotakan 17 orang menyelesaikan pemeriksaan pertama

Red: Nur Aini
Sebuah tim ahli internasional dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan China pada Selasa mengatakan tak ada cukup bukti bahwa virus corona telah menyebar di Wuhan sebelum Desember 2019.

Dia mengatakan para peneliti melihat jalur yang mungkin untuk memasukkan virus ke tempat tinggal manusia, seperti hewan liar, di lingkungan yang berbeda di mana manusia dan hewan dapat berinteraksi.

WHO mengatakan tim tersebut menggunakan empat hipotesis utama untuk melakukan analisis mereka, penyebaran langsung virus dari hewan ke manusia, lompatan virus ke manusia melalui inang perantara, rantai makanan, khususnya, produk makanan beku potensial yang berfungsi sebagai permukaan untuk penyebaran virus ke manusia, dan kemungkinan insiden laboratorium yang sangat tidak mungkin.

Dr. Liang mengatakan pakar internasional WHO berasal dari 10 negara lain, yang mulai bekerja pada 14 Januari dan melakukan kunjungan dan penelitian di tempat selain presentasi dan wawancara terperinci.

"Keragaman rantai virus korona muncul pada awal wabah Wuhan, menunjukkan ada rantai transmisi di luar pasar makanan laut Huanan," tutur Liang.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/who-tak-ada-tanda-covid-19-menyebar-di-wuhan-sebelum-desember-2019/2139569
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement