Kamis 25 Feb 2021 14:51 WIB

Calon Direktur CIA Nilai Rusia Lebih Mengancam dari China

Calon Direktur CIA menilai masih banyak ruang kerja sama AS dengan China

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bendera China-Amerika
Foto:

Burns mengatakan pemerintah Biden akan segera mengasesmen isu-isu yang berkaitan dengan Rusia termasuk peretasan. Rusia membantah terlibat dalam peretasan tersebut.

"Saya pikir penting terutama bagi CIA untuk bekerja lebih keras dalam mengembangkan kemampuan kami untuk membantu mendeteksi serangan semacam ini ketika datang dari pemain eksterna dari pemain asing," kata Burns pada Komite Intelijen Senat.

Burns salah satu negosiator perundingan rahasia yang membuka jalan dibentuknya kesepakatan nuklir Iran atau Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) di pemerintahan Barack Obama. Dalam sidang tersebut ia juga mengomentari isu Iran.

Ia mengatakan Iran tidak pernah dapat dipercaya mengenai senjata nuklir. Burns menambahkan bersama penandatangan yang lain ia akan memperbaiki JCPOA.

Pada 2018 lalu, mantan Presiden Donald Trump mengeluarkan AS dari kesepakatan yang ditandatangani bersama enam kekuatan dunia lainnya itu. Bila disetujui Senat maka Burns akan menjadi diplomat karir pertama yang memimpin CIA. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement