Selasa 02 Mar 2021 07:52 WIB

Pelapor PBB Serukan AS Sanksi Pangeran MBS

Callamard menilai sangat ironis jika AS menilai MBS bersalah, tapi hanya diam saja.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman dan Raja Salman.
Foto:

Kantor Direktur Intelijen AS telah menerbitkan laporan empat halaman tentang pembunuhan Khashoggi pada Jumat (26/2) pekan lalu. Dalam laporannya, mereka menyimpulkan Pangeran MBS bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut. "Kami menilai bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman menyetujui operasi di Istanbul, Turki, untuk menangkap atau membunuh jurnalis Saudi Jamal Khashoggi," katanya.

Saudi telah membantah laporan tersebut. Ia pun menyesalkan Washington menerbitkan laporan terkait. "Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sepenuhnya menolak penilaian negatif, salah, dan tidak dapat diterima dalam laporan yang berkaitan dengan kepemimpinan Kerajaan, dan mencatat bahwa laporan tersebut berisi informasi serta kesimpulan yang tidak akurat," ujar Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dalam sebuah pernyataan.

Khashoggi dibunuh di gedung konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018. Setelah tewas, tubuh Khashoggi dilaporkan dimutilasi. Hingga kini potongan jasadnya belum ditemukan. Khashoggi adalah figur yang vokal mengkritik kebijakan-kebijakan Saudi, termasuk Pangeran MBS.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement