Rabu 03 Mar 2021 12:41 WIB

Militer Myanmar Dakwa Jurnalis yang Liput Aksi Demonstrasi

Enam jurnalis ditangkap saat meliput protes terhadap kudeta militer 1 Februari

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
 Para pengunjuk rasa yang mengenakan helm pengaman meneriakkan slogan dan memberi hormat tiga jari selama protes anti-kudeta di belakang penghalang di jalan yang diblokir di Yangon, Myanmar, Selasa, 2 Maret 2021. Demonstran di Myanmar turun ke jalan lagi pada Selasa untuk melakukan protes terakhir. bulan perebutan kekuasaan oleh militer, saat menteri luar negeri dari negara-negara Asia Tenggara bersiap untuk bertemu untuk membahas krisis politik. Polisi di Yangon, kota terbesar Myanmar, menggunakan gas air mata untuk melawan para pengunjuk rasa.
Foto:

Pihak berwenang meningkatkan tindakan keras mereka terhadap para pengunjuk rasa akhir pekan lalu, melakukan penangkapan massal, dan menggunakan kekuatan mematikan. Kantor Hak Asasi Manusia PBB mengatakan pihaknya yakin setidaknya 18 orang ditembak mati pada Ahad di beberapa kota ketika pasukan keamanan melepaskan tembakan ke arah massa yang berdemonstrasi.

Kudeta militer membalikkan kemajuan selama bertahun-tahun menuju demokrasi setelah lima dekade pemerintahan militer. Pada Desember 2017, dua jurnalis yang bekerja untuk kantor berita Reuters ditangkap saat mengerjakan berita tentang minoritas Rohingya di Myanmar. Mereka dituduh memiliki dokumen resmi secara ilegal, meskipun mereka berpendapat bahwa mereka dijebak karena penolakan resmi terhadap laporan mereka.

Meskipun kasus mereka menarik perhatian internasional, mereka dihukum pada tahun berikutnya dan dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara. Mereka dibebaskan pada 2019 dalam pengampunan massal oleh presiden.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement