Rabu 24 Mar 2021 15:36 WIB

Korea Utara Tembakkan Dua Rudal Jarak Pendek

AS menyebut masih terbuka untuk berdialog dengan Korut

Red: Nur Aini
Rudal yang diluncurkan Korea Utara, ilustrasi
Foto:

Salah satu pejabat mengatakan hanya ada "sangat sedikit dialog atau interaksi" dengan Korea Utara sejak pertemuan puncak yang gagal antara mantan Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Hanoi pada Februari 2019 di mana Amerika Serikat berusaha membujuk Pyongyang untuk menghentikan senjata nuklirnya.

"Jangkauan kami kepada Korea Utara sudah lebih dari setahun tanpa dialog aktif dengan Korea Utara, meskipun ada beberapa upaya di dua pemerintahan untuk terlibat," kata pejabat sambil menambahkan: "Kami tidak melihat kegiatan yang berlangsung akhir pekan ini sebagai menutup pintu dialog itu".

Pentagon menolak mengomentari tes tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh Washington Post. Misi Korea Utara ke Perserikatan Bangsa-Bangsa juga tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Jenny Town, direktur 38 North, situs web yang berbasis di AS yang melacak Korea Utara, mengatakan tindakan Korea Utara tampak "cukup ringan." Seorang jenderal AS pekan lalu telah memperingatkan kemungkinan jangka pendek dari langkah yang jauh lebih provokatif: keputusan Korea Utara untuk memulai uji terbang dengan desain yang lebih baik untuk rudal balistik antarbenua.Tindakan seperti itu akan secara tajam meningkatkan ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara.

"Dugaan saya, ini lebih berkaitan dengan latihan bersama daripada hal lain," kata Town tentang tes akhir pekan.

"Tes semacam ini di sekitar latihan militer cukup umum."

Latihan militer gabungan AS-Korea Selatan bulan ini membuat marah Korea Utara meskipun tahun ini menjadi latihan simulasi komputer. Seorang diplomat terkemuka Korea Utara pekan lalu mengatakan negara itu tidak akan pernah menjawab tawaran diplomatik AS sampai Washington mencabut kebijakan yang bermusuhan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement