Rabu 31 Mar 2021 13:53 WIB

Popularitas Partai Merkel Anjlok Akibat Krisis Covid-19

Analis politik mengatakan partai Kristen Demokrat (CDU) menghadapi perjuangan berat

Red: Nur Aini
Popularitas partai Kanselir Jerman, Angela Merkel turun akibat krisis Covid-19

Pakar politik di Berlin menunjukkan dua tantangan utama yang dihadapi CDU selama beberapa bulan mendatang.

"Saya pikir mereka menghadapi dua tantangan. Pertama, ini adalah pemilu pertama di mana Merkel bukan kandidat bagi partai mereka. Jadi mereka harus menghadirkan kandidat baru yang masih perlu diketahui oleh banyak pemilih, dan kami masih tidak tahu siapa yang akan menjadi kandidatnya,” kata Arndt Leininger, seorang profesor ilmu politik di Free University of Berlin.

“Dan tantangan kedua adalah penanganan krisis korona,” imbuhnya.

Selain kesalahan manajemen, partai Merkel juga tersangkut skandal masker medis corona. Di satu sisi, ada dugaan politikus CDU dan CSU telah diuntungkan secara pribadi dengan membantu menjadi perantara penjualan masker dan pelindung diri. Di sisi lain, muncul pertanyaan tentang sejauh mana politisi telah menggunakan kontak pribadi mereka untuk mempromosikan kesepakatan ini. Masih belum jelas siapa calon CDU / CSU untuk posisi kandidat pada September mendatang.

Keputusan ditunda beberapa kali. Baru-baru ini, pemimpin CDU Armin Laschet mengumumkan bahwa pertanyaan kanselir akan diselesaikan pada pertengahan Mei.

Sejauh ini, Laschet dianggap kandidat paling menjanjikan, bahkan di atas pemimpun CSU Markus Soeder. Tetapi krisis saat ini juga mempengaruhi Laschet, yang merupakan perdana menteri negara bagian Rhine-Westphalia Utara. Bagaimanapun, satu hal menjadi semakin jelas: Siapa pun yang menggantikan Merkel setelah 16 tahun akan menghadapi pertarungan pemilihan yang berat sebelum menjadi kanselir Jerman berikutnya.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/partai-kanselir-merkel-terjun-bebas-akibat-krisis-covid-19/2192549
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement