Rabu 12 May 2021 13:48 WIB

Korut Impor Sampel Vaksin Covid-19 dari China dan Rusia

Sampel vaksin yang diimpor Korut untuk penelitian dan pengembangan

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Vaksin Covid 19 (ilustrasi)
Foto:

Pihak berwenang dilaporkan mengirim peretas profesional yang terlibat dalam serangan ini ke fasilitas penelitian Korut, sehingga dapat mengirimkan data yang dicuri dan memungkinkan para ilmuwan untuk segera memulai analisis mereka. Di Korut, pihak berwenang mengklaim bahwa mereka memiliki semua teknologi yang dibutuhkan untuk memproduksi vaksin di dalam negeri. 

Namun, tidak mungkin para ilmuwan Korut memiliki kapasitas untuk melakukan penelitian berkualitas tinggi. Selain itu, sumber mengatakan bahwa banyak orang di negara terisolasi itu yang meragukan kredibilitas penelitian vaksin setempat.

Meski demikian, pemimpin Korut, Kim Jong-un dilaporkan menerima briefing mengenai pengembangan vaksin. Ia juga menekankan pentingnya mengembangkan vaksin Covid-19 untuk mencegah situasi wabah di negara itu. 

Korut sebelumnya dijadwalkan untuk menerima beberapa dosis vaksin antara Februari dan Mei sebagai bagian dari proyek ekuitas vaksin internasional Covax. Namun, pengiriman vaksin belum berjalan sesuai jadwal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement