Sabtu 15 May 2021 08:12 WIB

Jejak Rabi Radikal di Balik Kekerasan dan Ekstremisme Israel

Yudaisme baru sempurna jika Israel mengusir Palestina dari tanah yang dijanjikan

Rep: DW/ Red: Elba Damhuri
Anak-anak Palestina belajar di ruang terbuka akibat gedung sekolahnya roboh di gempur jet Israelerangan udara Israel.
Foto:

Kahanisme di arus utama 

Ketua Umum Partai Otzama Yehudit, Itamar Ben-Gvir, dianggap sebagai tokoh Kahanis paling populer di Israel saat ini.

Saat ini Ketua Umum Partai Otzama Yehudit, Itamar Ben-Gvir, adalah tokoh Kahanis paling populer. Menyusul pemilu yang bertubi-tubi, dia belakangan semakin rajin tampil dalam wawancara televisi. Gayanya yang ringan dan santai  berhasil menarik perhatian publik, seperti yang dilaporkan oleh lembaga periset, Ifat.

Menurut studi yang digelar baru-baru ini, Ben-Gvir adalah politisi nomer tiga yang paling sering tampil di televisi dan radio, setelah Netanyahu dan Naftali Benett, tokoh sayap kanan lain.

"Dia orator yang baik dan tahu bagaimana memainkan permainan ini,” kata Shuki Firedman, peneliti kelompok ultrakonservatif di Institut Demokrasi Israel. "Di satu sisi, dia bisa menyapa pendukungnya, di sisi lain dia tahu batasan untuk tidak memancing amarah mayoritas warga Israel.”

Pendukung Ben Gvir kebanyakan terdiri dari kaum agamis atau Yahudi ultra-Ortodoks yang cendrung hidup dalam keluarga besar. 

Netanyahu berharap bisa mendulang dukungan kelompok ini dengan membentuk blok kanan jauh di parlemen dengan Ben-Gevir dan Bezalel Smotrich, tokoh ultranasionalis lain.

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement