Senin 24 May 2021 15:42 WIB

Aung San Suu Kyi Tampil Langsung Perdana di Persidangan

Pada sidang pada Senin, Suu Kyi menghadapi enam dakwaan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Pemimpin Myanmar yang digulingkan Aung San Suu Kyi
Foto:

Pendukung Suu Kyi mengatakan, dakwaan yang dijatuhkan terhadapnya bermotif politik dan dimaksudkan untuk mencoba melegitimasi perebutan kekuasaan militer.  Jika terbukti bersalah atas pelanggaran apa pun, Suu Kyi terancam dilarang untuk mencalonkan diri dalam pemilihan umum. Junta militer yang akan menggelar pemilihan umum dalam satu atau dua tahun setelah kudeta.

Militer menggulingkan pemerintahan Suu Kyi kurang dari tiga bulan setelah NLD menang telak dalam pemilihan umum. Sebelum dimulainya reformasi demokrasi satu dekade lalu, Myanmar diperintah oleh militer selama 50 tahun.

Junta mengklaim bahwa tindakan mereka untuk mengambil alih kekuasaan adalah sah. Mereka melakukan kudeta karena dugaan kecurangan pemilu yang meluas, terutama penyimpangan dalam daftar suara.

Sebuah organisasi pemantau jajak pendapat non-partisan, Jaringan Asia untuk Pemilu Bebas dalam sebuah laporan yang dikeluarkan pekan lalu menolak tuduhan militer bahwa ada kecurangan dalam pemilihan umum. Organisasi itu mengatakan hasil pemungutan suara November lalu telah mewakili keinginan rakyat.

Pada Jumat (21/5), kepala komisi pemilihan negara bagian yang ditunjuk militer Myanmar mengatakan, mereka akan mempertimbangkan apakah akan membubarkan mantan partai berkuasa Suu Kyi karena dugaan keterlibatan dalam kecurangan pemilu atau apakah mereka yang terlibat harus dihukum sebagai pengkhianat.

Ekonom Australia Sean Turnell, yang menjabat sebagai penasihat Suu Kyi juga ditahan sejak kudeta militer. Dia telah didakwa melanggar Undang-Undang Rahasia Resmi. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement