Senin 05 Jul 2021 14:09 WIB

Taliban Rebut Sejumlah Distrik dari Pasukan Afghanistan

Taliban menguasai sekitar sepertiga dari 421 distrik dan pusat distrik di Afghanistan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Pasukan taliban di Afghanistan
Foto:

Selama bertahun-tahun, pasukan Taliban dan Afghanistan bertempur di dalam dan sekitar Panjwai. Pasukan Taliban ingin merebutnya karena dekat dengan kota Kandahar. Provinsi Kandahar adalah tempat lahirnya Taliban, yang kemudian memerintah Afghanistan sampai digulingkan oleh invasi pimpinan AS pada 2001.

Ketua dewan provinsi Kandahar Sayed Jan Khakriwal membenarkan jatuhnya Panjwai. Dia mengatakan, pasukan pemerintah dengan sengaja menarik diri dari wilayah tersebut.

Daerah-daerah di bawah kendali Taliban di utara semakin strategis, dan membentang di sepanjang perbatasan Afghanistan dengan negara-negara Asia Tengah. Bulan lalu, kelompok itu menguasai Imam Sahib, sebuah kota di provinsi Kunduz di seberang Uzbekistan dan menguasai jalur perdagangan utama.

Terobosan di Badakhshan sangat signifikan karena merupakan provinsi asal mantan Presiden Burhanuddin Rabbani, yang dibunuh oleh seorang pembom bunuh diri pada 2011. Putranya, Salahuddin Rabbani, adalah bagian dari Dewan Tinggi Rekonsiliasi Nasional saat ini.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan, kekalahan pasukan Afghanistan  bersifat sementara. Namun tidak dijelaskan bagaimana mereka akan mendapatkan kembali kendali di wilayah-wilayah yang direbut Taliban.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid membenarkan, sebagian besar distrik direbut tanpa perlawanan. Dalam sebuah video menunjukkan tentara Afghanistan lari dari pertempuran dan kembali ke rumah mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement