Jumat 30 Jul 2021 09:19 WIB

China Tuding AS Salah dalam Respons Pandemi Covid-19

China menuding AS membiarkan virus Covid-19 menyebar tanpa terkendali

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Bendera China-Amerika Serikat. Pemerintah China mengatakan Amerika Serikat (AS) bersalah atas tiga hal terkait respons pandemi virus corona jenis baru (Covid-19), termasuk mengenai penelusuran asal usul penyakit wabah yang menjadi pandemi dunia saat ini.
Foto:

China juga menuduh Amerika Serikat memainkan trik kotor pada komunitas ilmiah, dengan membuat banyak ilmuwan yang blak-blakan mengalami pelecehan verbal dan ancaman serangan fisik. Zhao mengatakan tiga kesalahan yang disebutkan di atas hanyalah puncak gunung es dari manipulasi politik yang dilakukan oleh Amerika.

Zhao menambahkan bahwa itu adalah konsensus universal masyarakat internasional untuk menolak manipulasi politik dari masalah penelusuran asal Covid-19. Sejauh ini, 60 negara telah mengirimkan surat kepada Direktur Jenderal WHO untuk menyatakan posisi mereka.

 

"Virus corona jenis baru perlu dilacak ke sumbernya dan begitu juga virus politik, yang perlu ditangani secara menyeluruh, karena beberapa mengambil keuntungan dari pandemi untuk mengalihkan kesalahan, dan secara terang-terangan terlibat dalam diskriminasi dan paksaan," kata Zhao menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement