Kamis 28 Oct 2021 06:27 WIB

PBB Peringatkan Dunia Hadapi Kenaikan Suhu 2,7 Celsius

PBB mengatakan rencana nasional mengurangi polusi karbon hanya janji.

Rep: Eva Rianti / Red: Ani Nursalikah
PBB Peringatkan Dunia Hadapi Kenaikan Suhu 2,7 Celsius. Seorang pria berfoto dengan smartphone-nya sambil duduk di bangku di tepi sungai Rhine yang banjir di Cologne, Jerman, Rabu, 3 Februari 2021. Gelombang pasang akibat hujan dan mencairnya salju mengancam pelayaran komersial terbesar di Jerman itu. sungai Rhine.
Foto:

UNEP menyampaikan, komitmen terbaru akan memangkas 7,5 persen dari tingkat emisi 2030 yang diprediksi sebelumnya. Untuk menjaga lintasan 1,5 celcius, diperlukan pengurangan 55 persen. Laporan itu mengatakan rencana banyak dari 49 negara yang telah membuat janji ‘net-zero’ tetap samar-samar dan tidak tercermin dalam komitmen formal mereka.

“Kami memiliki delapan tahun untuk membuat rencana, menerapkan kebijakan, dan akhirnya memberikan pemotongan. Jam berdetak kencang,” kata Andersen.

Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim pada Agustus mengatakan, bumi dapat mencapai ambang 1,5 celcius segera setelah 2030 dan secara konsisten di atasnya pada pertengahan abad. Laporan itu menyebut, bahkan jika semua janji nol-bersih disampaikan secara penuh, ada kemungkinan 60 persen bahwa kenaikan suhu akan mencapai 2,7 Celsius pada 2100.

“Tidak ada keinginan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil secara global pada tingkat yang diperlukan untuk memenuhi tujuan iklim kita,” kata Myles Allen, profesor Ilmu Geosistem di Universitas Oxford. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement